-->

Mudah, 6 Cara Usaha Laundry Pemula yang Harus Diketahui

 Mudah, 6 Cara Usaha Laundry Pemula yang Harus Diketahui


deskripsi: Bisnis rumahan yang mudah dan sederhana adalah laundry. Hanya butuh mesin cuci dan setrika. Yuk ketahui cara usaha laundry pemula berikut ini.

pexel.com


admin - Laundry adalah salah satu jenis bisnis rumahan yang sederhana. Sekalipun terbilang mudah dilakukan, bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan. Anda tinggal menyiapkan mesin cuci dan setrika sebagai alat yang paling utama. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan aspek lainnya. Yuk simak infor cara usaha laundry pemula berikut ini.

  1. Riset Mengenai Laundry

Sebelum Anda membuka usaha laundry, ada baiknya melakukan riset terlebih dahulu. Anda harus mencari informasi mengenai laundry yang nantinya akan diterapkan ke dalam usaha. Jadi, tidak hanya menyiapkan mesin cuci dan setrika saja. Anda harus memperhatikan peralatan yang baik. Dengan begitu, proses pengerjaan usaha laundry lebih memuaskan kepada pelanggan.

Anda juga harus memperhatikan sistem pelayanan yang akan ditawarkan ke pelanggan. Entah itu pelanggan mencuci sendiri dan Anda hanya menyediakan mesin cuci saja atau Anda yang melakukan pencucian tersebut. Perhatikan juga bila ada pelanggan yang tidak bisa dihubungi atau tidak sesuai kesepakatan.

Selain itu, cara usaha laundry pemula yang paling utama adalah Anda harus memperhatikan desain pelayanan yang tepat. Misalnya, bentuk pelayanan yang ditawarkan bisa dikerjakan sehari atau tidak, bisa ditunggu atau tidak dan sebagainya. Jangan lupa riset secara mendalam terhadap biaya operasional yang nantinya harus dikeluarkan. Pasalnya, biaya operasional menjadi suatu kewajiban saat usaha laundry tersebut berjalan.

Misalnya saja Anda membutuhkan lebih dari dua unit mesin, tentu hal ini berpengaruh pada biaya listrik. Biaya yang dikeluarkan dua unit mesin cuci pasti berbeda dengan biaya operasional yang hanya menggunakan satu unit mesin cuci saja. Belum lagi menggunakan peralatan lainnya. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memperhatikan hal ini.

  1. Hitung Modal


jojonomic.com

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah terkait modal. Modal yang dikeluarkan untuk bisnis terbilang tidak sedikit. Modal yang digunakan bisa mencakup peralatan yang dibutuhkan, tempat sewa yang dipilih, membayar gaji karyawan dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, hal ini berkaitan dengan poin sebelumnya jadi Anda harus benar-benar menghitungnya dengan rinci. Apabila hasil perhitungan modal melebihi dari dana pribadi, Anda harus memutuskan untuk menambah modal dari pinjaman usaha atau dari yang lainnya. Perhitungan modal ini tentu juga harus dilakukan dengan baik dan terinci. Tujuannya, bila Anda meminjam modal, Anda bisa mengembalikan modal tersebut dengan baik.

  1. Tentukan Lokasi

Penentuan lokasi adalah salah satu strategi paling utama. Pasalnya, cara usaha laundry pemula yang biasanya membuat berhasil adalah penentuan lokasi. Misalnya saja lokasi yang dekat dengan permukiman anak kos pasti lebih menjanjikan daripada lokasi perkampungan. Bisa juga di daerah yang penuh dengan persewaan orang-orang perkantoran. Oleh karena itu, pastikan Anda telah memilih lokasi yang tepat.

Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu di suatu wilayah. Hal ini dikarenakan dari hasil survei Anda bisa melihat bagaimana situasi dan kondisi daerah tersebut, berapa biaya hidup di daerah tersebut dan lain sebagainya. Dengan demikian, nantinya Anda bisa memperkirakan harga setiap pelayanan kepada pelanggan.

  1. Tentukan Harga Pelayanan











dictio.id

Setelah Anda melakukan survei lokasi dan menentukan tempat untuk membuka usaha laundry, saatnya Anda menentukan harga setiap pelayanan. Harga pasaran bisa ditentukan berdasarkan area setempat, bisa juga Anda menentukan sendiri sesuai dengan strategi penjualan. Jangan lupa untuk menghitung seluruh biaya yang harus Anda keluarkan atau biaya operasional untuk menentukan harga pelayanan.

  1. Lakukan Pemasaran Digital

Cara usaha laundry pemula yang bisa digunakan adalah melakukan pemasaran secara digital. Pemasaran digital merupakan salah satu pemasaran yang mudah dilakukan dan cenderung mengeluarkan biaya yang kecil untuk operasionalnya. Dengan demikian, teknik pemasaran digital ini bisa membantu pelaku usaha laundry terutama bagi pelaku pemula.

Salah satu cara melakukan pemasaran digital adalah melalui media sosial. Media sosial adalah salah satu cara terampuh dikarenakan media sosial menggunakan teknik dua arah dalam artian langsung menyasar kepada pelanggan. Media sosial yang bisa Anda gunakan misalnya seperti Facebook, Instagram, Twitter, Whatsapp dan lain sebagainya.

Ada baiknya Anda membuat bahan promosi dengan baik yang menarik dan kekinian. Terutama bagi Anda yang memiliki target pasar adalah anak kosan atau mahasiswa.

  1. Amati Kompetitor

Hal yang tidak penting lainnya adalah belajar dari kompetitor Anda. Pengamatan yang dilakukan tidak dilakukan untuk menjatuhkan kompetitor secara buruk. Namun, Anda bisa mengamati dari segi positifnya. Apabila kompetitor memiliki strategi pemasaran yang beda dari lainnya, seperti membagikan hadiah kepada pelanggan, Anda bisa mencobanya.

Asal Anda juga harus memperhatikan dengan matang untuk menggunakan strategi dari kompetitor. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan proses ATM yaitu amati, tiru dan modifikasi sesuai dengan keadaan usaha laundry. Jangan lupa untuk melakukan evaluasi dari cara tersebut. Dengan demikian cara usaha laundry pemula yang telah dijelaskan di atas, dapat Anda maksimalkan dengan baik.

selamat mencoba


deskripsi: Bisnis rumahan yang mudah dan sederhana adalah laundry. Hanya butuh mesin cuci dan setrika. Yuk ketahui cara usaha laundry pemula

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel