Tanpa disadari ada banyak orang yang bekerja di dalam kantor atau di luar kantor yang konsumsi air putihnya tidak memadai alias mengalami dehidrasi. Alasannya karena mereka malas minum air putih, lupa bawa bekal air, malas beli minuman karena sedang sibuk, atau disebabkan alasan lain. Mereka tidak mengetahui khasiat air bagi tubuh.

Padahal dehidrasi ringan saja bahkan bisa membuat otak dan tubuh dalam kondisi tidur. Karena kekurangan air dapat menyebabkan ketidakseimbangan zat kimia dalam otak.

Dalam sebuah studi, para relawan yang kehilangan  1% sampai 2% air dalam tubuh karena olahraga, jumlah yang sama dengan air yang hilang ketika tidur, merasa lelah dan pusing, sementara yang terhidrasi dengan air selama olahraga merasa berenergi dan bersemangat.

Air putih bisa menyembuhkan Penyakit

Air dalam tubuh di antaranya berfungsi menjaga kesegaran, membantu pencernaan dan mengeluarkan racun. Dan sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang direguk dari air putih, selain nikmatnya kesegaran untuk menghilangkan dahaga.

Bahkan air putih pun dapat menyebabkan berbagai penyakit dengan cara yang mudah dan murah yang biasa disebut dengan terapi air. Karena air secara khusus memiliki kualitas kualitas yang unik dan kualitas ini dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan mekanisme tubuh kita.

Jadi minimum minimal 2 liter air putih perhari atau setara dengan 8 gelas  air, isi 230 ml sehari untuk memastikan anda tidak dehidrasi.

Air membantu proses metabolisme dalam tubuh dengan mengubah makanan menjadi energi. Air berperan sebagai bahan bakar untuk mendorong reaksi kimia metabolisme. Jika anda tidak minum cukup air, anda tidak akan dapat membakar kalori dengan baik.

[spoiler title=’Air Putih’ style=’default’ collapse_link=’true’]kebutuhan air putih setiap orang

kebutuhan air putih per orang minimal 2 liter  perhari atau setara dengan 8 gelas  air, isi 230 ml sehari untuk memastikan anda tidak dehidrasi.[/spoiler]

 

Bahaya akibat konsumsi air putih tidak mencukupi

Ada beberapa akibat jika suplai air kurang dari 2 liter per hari seperti diantaranya proses penurunan berat badan berjalan lambat. Hal ini karena sekitar 2,5 liter air habis oleh fungsi tubuh sehari hari seperti berkeringat. Oleh karena itu, jika anda menjalani program diet dan berat badan masih saja tidak turun, mungkin hal ini disebabkan anda tidak minum cukup air.

Juga terganggunya proses pencernaan. Air penting bagi proses pencernaan. Pencernaan yang terganggu adalah jika anda tidak bisa menyerap manfaat dari makanan sebaliknya tubuh akan mengirimkan sinyal yang menandakan minta tambahan makanan yang mengandung mineral yang tubuh rasa kurang.

Anda terasa “pura – pura” lapar. Ketika dehidrasi, tubuh akan mengirim sinyal dengan merespon pada makanan. Dengan air putih, bukan hanya dapat mengekang dari rasa lapar tapi juga membuat anda terasa kenyang.

Anda tidak dapat menfaat dari berolahraga. Metabolisme meningkat dengan olahraga dan airlah yang berperan memaksimalkan metabolisme tersebut karena itu minum banyak air sebelum, selama dan sesudah olahraga.

Jaga Ketersediaan Air dalam tubuh supaya tidak dehidrasi ringan

Sediakan segelas air di samping tempat tidur. Agar terbiasa minum air dalam jumlah yang disarankan, siasati dengan menyiapkan air dimeja kerja selain biskuit dan snack.

Jika minum air terasa kembung, minumlah saat anda haus, ketika bangun pagi, metika makan, selama berolahraga, bawalah air kemasan kemana pun anda pergi. Supaya air terasa lebih enak cobalah membeli air kendi dengan filter atau menambahkan rasa seperti lemon, apel atau mentimun pada air.

Dengan mencampur air tawar dengan potongan buah buahan favorit memang bisa meningkatkan selera kita untuk minum air.

Bisa juga dengan mengonsumsi infused water alias air putih yang dicampur dengan buah-buahan, dan melalui proses “pendiaman” selama beberapa jam, untuk kemudian baru bisa dinikmati. Apalagi berbagai jenis buah bisa dipilih untuk membuat infused water, mulai dari stroberi, melon, mangga sampai lemon.

Bagi anda yang bingung menurunkan berat badan, daripada sulit dan pusing menemukan obat penurun berat badan kenapa tidak memakai cara mudah dan murah. The Brithis Dietetic Association menyarankan orang dewasa minum 2,5 liter air setiap hari termasuk untuk menjaga kebutuhan cairan sehari hari. Jika anda tengah menjalani program diet, tambah sebanyak 750 ml.

Kategori: Hidup sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: