Morfologi Alpukat

Buah alpukat berbentuk bulat (pir) sampai lonjong (oblong), kulitnya licin berbintik kuning dengan ketebalan 1mm -1,5mm, dan pada pangkal buah tumpul atau meruncing, tergantung jenis atau varietas. Buah muda berwarna hijau muda dan setelah tua (matang) berubah menjadi hijau tua atau hijau kemerah-merahan. Daging buah berwarna kuning atau kuning kehijauan, strukturnya agak lunak sampai lunak tebal.

Setiap buah alpukat mengandung satu biji berbentuk jorong dengan ukuran kecil sampai besar. Biji dapat digunakan sebagai bahan perbanyakan generatif. Bibit yang berasal dari biji digunakan sebagai batang bawah pada perbanyakan vegetatif, terutama bibit sambungan.

Alpukat memiliki kandungan asam lemak yang tinggi tetapi mengandung kadar kolesterol yang sangat rendah. Banyak kandungan lemak berasal dari sumber yang unik, seperti pitosterol, yang bermanfaat untuk sejumlah alasan.

Karena alpukat baik untuk kesehatannya, buah ini sekarang tumbuh di sejumlah negara. buahnya memiliki kulit yang tebal berfungsi melindungi dari pestisida. Inilah alasan Anda tidak perlu membeli alpukat organik; ini adalah salah satu tanaman paling aman dalam hal paparan pestisida yang rendah.

Nilai Gizi dari Alpukat

Alpukat dianggap sebagai “buah super” memiliki posisi khusus dalam kalori makanan. Alpukat kaya berbagai nutrisi, vitamin, dan mineral. Alpukat juga merupakan sumber asam lemak tak jenuh yang baik dan memiliki kandungan gula rendah. Buah ini juga merupakan  sumber energi yang baik dan mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting. Alpukat mengandung kalsium, zat besi, magnesium, kalium, tembaga, mangan, fosfor dan seng. Mereka juga mengandung mineral seperti vitamin C, B6, B-12, A, D, K, E, thiamin, riboflavin, dan niacin. Bahkan buah ini dapat dijadikan sebagai sumber serat makanan.

Alpukat kaya potasium dan berhasil menyeimbangkan rasio kalium dengan natrium yang sangat penting bagi kesehatan. Menurut CAC (California Avocado Commission), Hass alpukat berukuran sedang mengandung hampir 22,5 gram lemak. Dua pertiga dari lemak ini adalah varietas tak jenuh tunggal, dan buah ini juga sangat rendah fruktosa. yang paling penting, alpukat memiliki koleksi unik senyawa organik seperti pitosterol, karotenoid, dan flavonoid.

[spoiler title=’Alpukat’ style=’default’ collapse_link=’true’]

manfaat alpukat

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom: Plaatae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Laurales

Famili Lauraceae

Genus: Persea

Spesies: P. Americana

Wikipedia

[/spoiler]

Manfaat Alpukat Kesehatan  

Alpukat memiliki manfaat kesehatan. Buah memiliki nutrisi cukup tinggi dan karena itu dianggap sebagai salah satu makanan terbaik yang bisa Anda makan.   Alpukat paling bermanfaat jika dimakan Tanpa melalui proses olahan. Banyak manfaat alpukat untuk kesehatan yang yang sebelumnya telah dilakukan peneliitian sebelumnya:

  • Membantu pencernaan

alpukat Diyakini bahwa menenangkan usus dan karena itu membantu pencernaan. Buah ini mengandung serat larut dan tidak larut yang membantu menjaga sistem pencernaan berjalan lancar. Jenis serat ini sangat penting untuk pencernaan karena mereka membuat tinja besar dan membantu memastikan kelancaran perjalanan makanan melalui saluran usus. Selain itu, mereka menstimulasi lambung dan cairan pencernaan sehingga nutrisi diserap dengan cara yang paling efisien dan cepat. Akhirnya, buah ini mengurangi gejala dari kondisi seperti sembelit dan diare.

  • Menyegarkan nafas

Konsumsi alpukat juga membantu mencegah bau mulut, terutama disebabkan karena gangguan pencernaan atau sakit perut. Halitosis dapat dihilangkan dengan meningkatkan kesehatan pencernaan, flavonoid antibakteri dan antioksidan yang ditemukan dalam alpukat juga membunuh bakteri di mulut Anda yang menyebabkan bau mulut. Alpukat juga telah terhubung dengan pencegahan kanker mulut

  • Perawatan Kulit dan Rambut

Alpukat mengandung  nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.  Menghaluskan kulit yang kering, pecah-pecah atau rusak. Buah ini ditambahkan ke berbagai kosmetik karena kemampuan buah alpukan untuk menyehatkan kulit dengan vitamin esensial dan membuatnya bersinar. Selain itu juga digunakan untuk rambut kering dan rusak . Banyak orang menggunakan alpukat untuk menyiapkan masker kulit dan rambut. Beta-karoten dan lycopene adalah dua senyawa organik yang ditemukan dalam jumlah besar dalam alpukat. Kedua hal ini telah terhubung untuk meningkatkan kesehatan dan kulit Anda serta menghilangkan tanda-tanda penuaan dini.

  • Perawatan Hati

Alpukat sangat bagus dalam mengurangi kerusakan hati.   Buah avocado memiliki senyawa organik tertentu yang membantu meningkatkan kesehatan hati.   Kerusakan hati biasanya disebabkan karena Hepatitis C. Temuan dari penelitian terbaru menunjukkan bahwa alpukat mungkin memainkan peran utama dalam menguatkan dan melindungi hati Anda dari berbagai kondisi.

  • Meningkatkan Penglihatan

Alpukat membantu menjaga kesehatan mata Anda. Buah alpukat mengandung karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin, yang membantu melindungi mata Anda terhadap katarak, penyakit mata yang berkaitan dengan usia, dan degenerasi makula. Kondisi ini sering disebabkan oleh radikal bebas yang menumpuk di jaringan mata. Aktivitas antioksidan dari karotenoid khusus ini dalam alpukat menetralkan efek dari radikal bebas berbahaya tersebut.

  • Menjaga Kesehatan Ginjal

Diet memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan mineral dan cairan pada mereka yang menderita gangguan ginjal kronis. Kalium adalah salah satu mineral yang membantu menjaga detak jantung normal. Alpukat adalah sumber potasium yang baik dan inklusi dalam diet Anda dapat memberikan manfaat lain juga. Penting untuk memastikan bahwa kadar kalium tidak terlalu tinggi karena itu juga bisa berbahaya bagi jantung. Potassium adalah aspek penting menjaga keseimbangan cairan melalui saluran kimia untuk sel dan organ. Keseimbangan cairan ini juga penting untuk fungsi ginjal, yang menangani pergerakan cairan dan racun melalui tubuh.

  • Sumber Vitamin K

Kekurangan vitamin K tidak terlalu umum tetapi sering terlihat. Akan tetapi kekurangan vitamin K dapat menyebabkan gangguan pendarahan yang dikenal sebagai pendarahan terkait defisiensi vitamin K. Ini terjadi sebagian besar karena asupan vitamin K yang tidak mencukupi selama kehamilan. Dimasukkannya alpukat dalam diet wanita hamil dapat membantu menurunkan risiko VKDB pada anak yang baru lahir karena alpukat adalah salah satu buah langka yang memiliki jumlah vitamin K yang sangat tinggi (hampir 40% dari kebutuhan harian dalam satu porsi!)

  •  Mengobati radang sendi

Sifat anti-inflamasi alpukat mungkin merupakan atribut yang paling berharga, dan berbagai macam fitokimia, flavonoid, karotenoid, fitosterol, alkohol berlemak, dan asam lemak omega-3 yang dikandungnya, alpukat adalah salah satu makanan terbaik untuk mengurangi peradangan di jaringan, persendian, dan otot. Arthritis mempengaruhi puluhan juta orang di seluruh dunia, dan dengan mengkonsumsi jumlah alpukat yang tepat, penelitian telah sering menunjukkan gejala dan nyeri artritis yang terkait dapat dikurangi secara efisien.

  • Buah anti-kanker

Manfaat alpukat untuk kesehatan termasuk risiko kanker yang lebih rendah, kanker payudara dan kanker prostat. Alpukat mengandung karotenoid dan lemak tak jenuh, keduanya berkontribusi pada pengurangan kanker yang signifikan.  Alpukat juga mengandung Glutathione, antioksidan yang melindungi sel-sel dari kanker dan efek berbahaya dari radikal bebas. Daftar senyawa antioksidan dan anti-inflamasi dalam alpukat sangat mengesankan, dan hampir sulit untuk menentukan mana yang memiliki dampak terbesar. Studi telah banyak dilakukan pada kanker mulut, kulit, dan prostat, dan hasilnya menunjukkan bahwa alih-alih bermetastasis, senyawa organik dalam alpukat menyebabkan sel kanker mengalami apoptosis (kematian sel otomatis). Penelitian masih berlangsung pada hubungan antara alpukat dan kanker.

  • Antioksidan

Alpukat mengandung vitamin C dan E, yang membantu meningkatkan  antioksidan tubuh manusia.   Vitamin C mendaur ulang vitamin E dan membantu mengurangi oksidasi kolesterol LDL. Alpukat juga mengandung antioksidan seperti epicatechin, violaxanthin, neochrome, dan sekitar 12 lainnya. Antioksidan menetralkan efek radikal bebas. Buah mampu manangkal atas lusinan kondisi serius di tubuh, termasuk kanker, penyakit kardiovaskular, masalah penglihatan, penuaan dini, gangguan kognitif, dan banyak lagi.

  • Membuat Kulit sehat

Alpukat mengandung banyak vitamin dan mineral yang membantu menjaga kesehatan kulit.   Karotenoid yang ditemukan dalam alpukat dikaitkan dengan mengurangi peradangan kulit yang disebabkan oleh sinar UV akibat paparan sinar matahari’’. Minyak yang berasal dari alpukat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Tingginya kadar beta-karoten dalam alpukat dapat secara enzimatik dipecah menjadi provitamin A, yang telah lama terhubung untuk melindungi kulit dari berbagai kondisi dan efek merusak dari matahari.

  • Menurukan Berat badan

Olahraga teratur, bersama dengan diet sehat, sangat penting dalam menurunkan berat badan. Alpukat adalah buah yang memberikan nilai gizi bagi tubuh dan mendukung pengendalian berat badan. Temuan dari penelitian terbaru menunjukkan sejumlah efek menguntungkan dari alpukat pada manajemen berat badan.

  • Anti-aging /penuaan dini

Mengkonsumsi alpukat juga dikaitkan dengan penuaan yang sehat. Ini mengandung senyawa seperti xanthophyll, yang memiliki sifat antioksidan. Studi penelitian menunjukkan bahwa asupan xanthophyll dapat mengurangi tanda-tanda proses penuaan di berbagai bagian tubuh Anda.

  • Memperkuat Tulang

Alpukat mengandung karotenoid seperti zeaxanthin dan lutein, yang dikaitkan dengan penurunan risiko defek kartilago (gejala osteoarthritis).   Asupan makanan seperti alpukat dan kedelai dapat membantu mengurangi risiko osteoarthritis. Selanjutnya, kadar mineral penting dalam alpukat cukup tinngi, termasuk zinc, fosfor, tembaga, dan jumlah kalsium dan selenium. Semua ini bermanfaat untuk menurunkan risiko osteoporosis dan peningkatan kepadatan mineral tulang.

  • Penyerapan Nutrisi

Alpukat paling baik dimakan bersama dengan buah dan sayuran lainnya. Hal ini dikarenakan bahwa nutrisi yang ada dalam buah-buahan dan sayuran menjadi lebih baik ketika dimakan bersama dengan alpukat.  Penyerapan molekul antioksidan karotenoid, yang membantu melindungi tubuh terhadap kerusakan radikal bebas, meningkat tiga hingga lima kali ketika salad dimakan bersama dengan alpukat. Oleh karena itu, menambahkan irisan alpukat ke dalam salad campuran adalah cara yang baik untuk membuat makanan sehat menjadi lebih baik. Ini menjadikan alpukat sebagai elemen hebat sebagai hidangan pembuka karena menyiapkan saluran pencernaan berfungsi pada tingkat tertinggi saat makan tiba!

  • Menurukan kadar Glukosa Darah

Selain buah, ekstrak daun alpukat juga memberikan manfaat bagi kesehatan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus non-diabetes dan diabetes menunjukkan bahwa ekstrak daun dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah. Untuk pasien diabetes, metabolisme makanan berbasis pati menjadi gula sederhana seperti glukosa dapat menyebabkan lonjakan dan penurunan yang berbahaya bagi penderita diabetes. Serat membantu memperlambat pemecahan makanan menjadi gula yang dapat digunakan, sehingga diserap oleh tubuh dengan cara yang lebih seimbang. Selanjutnya, sebagian besar karbohidrat dalam alpukat terdiri dari gula 7-karbon, bentuk gula yang relatif langka yang sebenarnya menghambat enzim heksokinase. Ini membantu alpukat mengontrol cara glukosa dimetabolisme oleh tubuh, sehingga melindungi kesehatan pasien diabetes secara keseluruhan.

Efek Samping dari Alpukat

Efek samping dari mengkonsumsi  terlalu banyak dari alpukat termasuk:

  • Migrain
  • Mual
  • Muntah
  • Sensitivitas terhadap cahaya
 Jenis/Varietas Alpukat

Berdasarkan daerah asal sumber genetiknya, dikenal tiga jenis alpukat.

  1. Jenis Meksiko

Jenis ini berasal dari Meksiko. Ciri ciri alpukat jenis meksiko adalah berbuah kecil kecil ±200g, bertangkai pendek, berkulit tipis, berbiji besar, dan daunnya berbau minyak anys (adas).

Alpukat jenis meksiko cocok ditanam di dataran tinggi yang berketinggian antara 1500m-3000m dpl, tahan terhadap suhu panas dan kelembapan tinggi, serta buah matang sekitar 6-8 bulan setelah bunga mekar. Varietas yang termasuk jenis meksiko adalah gottfried dan pernod. Di Indonesia jenis alpukat ini jarang dibudidayakan.

  1. Jenis Guatemala

Jenis ini berasal dari Guatemala. Ciri ciri alpukat Guatemala adalah berbuah besar besar dengan berat per buah antara 200g-2.300g, bertangkai panjang, berkulit tebal, berstruktur kasar, berbiji relatif kecil, dan tidak taha udara dingin

Alpukat jenis Guatemala cocok ditanam di dataran tinggi yang berketinggian 1000 m – 2000m dpl. Buah matang antara 9-12 bulan setelah bunga mekar. Varietas yang termasuk jenis Guatemala, antara lain, benik dan dickinson. Di Indonesia jenis alpukat Guatemala disebut alpukat batok (tempurung)

  1. Jenis West-Indian

Jenis ini berasal dari Amerika Tengah. Ciri ciri alpukat west indian adalah berbuah besar besar dengan berat per buah 400g -2.300, bertangkai pendek, kulit buah halus dan agak liat, daunnya berwarna hijau muda.

Jenis west indian cocok ditanam di daerah yang berketinggian kurang dari 1000 m dpl, tahan terhadap kadar garam (salinitas), dan biasanya buah matang sekitar 6-9 bulan setelah bunga mekar. Varietas alpukat yang termasuk tipe atau jenis west-indian antara lain Black Prince dan Waldin.

Varietas varietas alpukat yang terkenal di Indonesia adalah hijau panjang, hijau bundar, mentega, merah bundar, dan batok. Varietas yang menguasai eropa adalah fuerte. Varietas ini ditanam luas secara komersial di Israel, Afrika selatan, Kalifornia, Florida, dan Filipina.

Varietas yang dikehendaki konsumen (pasar) adalah varietas yang memiliki sifat sifat sebagai berikut:

  • Buah berbentuk lonjong (oval) dengan berat ±300gram
  • Ketebalan kulit buah sedang, tetapi penampilannya menarik dan mudah dikupas dari daging buah
  • Berbiji kecil, tetapi daging buahnya tebal dan tidak berserat
  • Pohon pendek, kekar dengan percabangan mendatar (horizontal) dan tahan terhadap perubahan keadaan lingkungan
  • Tahan (resisten) terhadap penyakit busuk akar disebabkan oleh Phytophtora sp. dan antraknosa
  • Daya hasil tinggi dan stabil
  • Tahana penyimpanan dan pengangkutan

Perbaikan varietas melalui pemuliaan tanaman atau persilangan belum banyak dilakkukan. Kesulitan yang dihadapi dalam pemuliaan alpukat adalah sebagai berikut:

  • Tanaman mudah mengalami mutasi alamiah
  • Sering terjadi poliembrioni hingga menyulitkan seleksi
  • Persilangan antara Persea americana dengan spesies persea lain sulit menghasilkan buah. Walaupun demikian, persilangan antarvarietas terbuka luas kemungkinannya, karena banyak variabilitas yang tersedia. Persilangan alamiah antara jenis guatemala dengan jenis meksiko menghasilkan varietas fuerte yang terkenal dipasaran dunia.

Varietas apukat yang ditanam di berbagai negara produsen alpukat di dunia, antara lain adalah waldin, butler, benik, dickinson, peubla, taft, hasss collonson, itzamma, winslowson, fuerte, lyon, nabal, ganter, gueen. Di Indonesia umumnya dibudidayakan vatietas ijo panjang, ijo bundar, merah panjang, dan merah bundar.

Kategori: Buah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: