Anggur adalah buah musiman yang ketika musimnya tiba harganya menjadi sangat murah sekali. Buah anggur terdiri dari banyak varietas di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia telah dibudidayakan berbagai verietas anggur lokal yang memiliki mutu tidak kalah dengan buah anggur impor. Namun secara umum kita mengenal anggur berdasarkan warnanya, yaitu buah anggur, ungu, merah atau hijau pucat (putih)

Buah anggur merah dan hijau sangat populer dan banyak dikonsumsi hampir diseluruh dunia. Anggur hijau juga dikenal sebagai buah anggur putih. Selain dimanfaatkan sebagai buah meja, buah anggur juga sering ditambahkan ke dalam makanan penutup dan salad. Pertanyaannya adalah apa perbedaan dari anggur merah dan anggur hijau? Apa kelebihan dari masing masing jenis anggur tersebut?

Anggur merah, hijau dan hitam

Klasifikasi Tanaman

Kingdom : Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Class : Magnoliopisda

Ordo: Vitales

Family: Vitaceae

Genus: Vitis. L

Spesies: Vitis Vinefera

[collapse]

Secara fisik, perbedaan mendasar dari buah ini adalah dari warna buahnya, namun ada beberapa perbedaan lainnya yang dapat dilihat secara mendetail. Walaupun sama sama anggur kandungan nutrisi dan khasiat masing masing jenis anggur ini ternyata berbeda.

 

Anggur merah

Kini anggur merah minjadi salah satu komoditas yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Rasa asamnya yang samar samar di Lidah akan meninggalkan rasa segar yang khas sehingga membuat anggur merah begitu diminati. Tak hanya nikmat dan segar, sesungguhnya manfaat buah anggur merah ini juga beragam.

Buah anggur merah memiliki warna hitam kemerah-merahan. Warna gelap pada buah ini disebabkan adanya kandungan flavonoid yang berperan sebagai antioksidan dalam buah anggur merah. Buah anggur merah dikenal memiliki sejumlah manfaat tinggi bagi kesehatan manusia, karena selain rendah kalori mengandung serat makanan yang tinggi, dalam buah anggur merah ini juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi seperti vitamin B, vitamin C, protein, tembaga, anthocyanin, mangan dan kalium. Dalam anggur merah juga terkandung senyawa resveratrol yang menyebabkan buah ini memiliki manfaat yang luar biasa baggi kesehatan manusia.

Anggur Hijau (Putih)

Buah anggur hijau memiliki warna yang lebih pucat dibandingkan dengan anggur merah. Anggur hijau juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Dalam buah ini terkandung karbohidrat serta vitamin C dan K dalam jumlah yang tinggi. Beberapa jenis mineral seperti potasium dan zat besi juga ditemukan dalam anggur hijau atau putih ini. kandungan flavonoid antioksidan yang sering dikenal dengan Catechins juga terdapat dalam spesies anggur ini. walaupun memiliki kandungan gizi yang tinggi, buah anggur putih memiliki kandungan kalori, lemak jenuh dan natrium yang rendah serta bebas dari kolestrol

Anggur merah vs anggur hijau

Secara penampilan, buah anggur merah memang lebih menarik  daripada anggur hijau. Anggur merah dapat memberikan variasi warna yang cantik dan menarik pada jenis masakan masakan tertentu yang ada campuran buahnya. Selain unggul dari segi penampilan, buah anggur merah dan hijau juga memiliki perbedaan dan manfaat untuk kesehatan.

Para ahli gizi dan ahli kesehatan telah merekomendasikan untuk memakan buah anggur yang memiliki warna yang telap seperti anggur merah daripada anggur hijau karena kandungan  antioksidan pada anggur merah lebih tinggi jika dibandingkan dalam anggur hijau

Seperti dijelaskan sebelumnya, buah anggur merah mengandung flavonoid antioksidan seperti resveratrol, catechins dan quercetin, sedangkan buah anggur hijau hanya mengandung sejumlah kecil catechins. Warna hitam kemerahan pada anggur merah disebabkan adanya kandungan flavonoid antioksidan. Semakin tinggi konsentrasi flavonoid antioksidan maka warna yang dihasilkan semakin gelap

Resveratroldan quercetin dalam anggur merah memiliki manfaat kesehatan yang penting, seperti menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah gangguan jantung, dan membantu menurunkan kadar kolestrol darah. Reseveratrol dikenal mampu membantu pengobatan penyakit Alzheimer dan juga memiliki sifat anti jamur dan antikanker.

Kategori: Buah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: