Morfologi Anggur

Anggur adalah buah yang telah banyak dikenal dan mudah ditmeukan hampir diseluruh dunia. Banyak orang yang akan terpesona dengan buah yang manis dan lezat ini. bahkan selain memiliki kelezatan yang memikat lidah kita, buah anggur juga dikenal  memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia.

Dalam bahasa latin buah anggur dikenal dengan Vitis vinefera atau vitis labrusca. Buah ini termasuk tanaman buah berupa perdu yang merambat dan digolongkan dalam keluarga vitaceae. Buah anggur diyakini berasal dari kawasan selatan, antara laut Kaspia dan laut Hitam di Asia kecil.

Tanaman anggur telah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah. Akan tetapi proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir. Dari Mesir, teknologi pengolahan dan budidaya anggur ini mulai masuk ke Yunani dan menyebar sampai ke Spanyol, Jerman, Perancis, dan Asutralia. Sejalan dengan perjalanan Columbus, anggur mulai menyebar ke Mexico, Amerika Serikat, Afrika selatan, Asia termasuk Indonesia dan Australia. Hasil penyebaran ini menyebabkan anggur memiliki beberapa sebutan seperti Grape di Eropa, orang Cina menyebutnya Pu tao dan di Indonesia disebut anggur.

Di Indonesia sendiri, anggur dikenal sekitar tahun 1682. Pada tahun 1682 an tanaman buah anggur ini mulai dibudidaya di daerrah Bayuwangi dan Besuki. Pada tahun 1899 anggur dari Probolinggo yaitu jenis biru (ungu) dan putih mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia, kemudian sekitar tahun 2002 berkembang menjadi buah anggur varietas Probolinggo super dan Prabu Bestari.

Salah satu jenis olahan buah anggur yang sering kita jumpai adalah kismis. Kismis adalah anggur kering yang memiliki kadar gula sekitar 60%. Kismis diyakini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Khasiat yang dihasilkan dari kismis juga tidak kalah dengan hasiat yang dihasilkan dari buah anggur yang segar. Kini para ahli gizi dan pakar medis telah merekomendasikan buah kurma maupun buah anggur sebagai makanan yang kaya gizi dan mampu memenuhi kebutuhan asupan gizi penting bagi tubuh kita. Mereka menilai bahwa buah buah tersebut setelah kita konsumsi akan mudah diserap tubuh dan masuk ke aliran darah sehingga orang yang mengonsumsi sedikit anggur maupun kismis akan memperoleh energi yang besar bagi aktivitas fisik dan otak mereka.

[spoiler title=’Buah Anggur’ style=’default’ collapse_link=’true’]manfaat buah anggur

Klasifikasi Tanaman

Kingdom : Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Class : Magnoliopisda

Ordo: Vitales

Family: Vitaceae

Genus: Vitis. L

Spesies: Vitis Vinefera[/spoiler]

Jenis Jenis Buah Anggur

Buah anggur sudah dikenal sejak lama sebagai buah yang memiliki rasa istimewa dan berksesan mahal. Bentuk buah angggur hampir mirip dengan kulit buahnya berwarna merah kehitaman, hijau, kuning keemasan, atau ungu dan dilapisi tepung. Daging buahnya mempunyai rasa asam manis, dan kandungan airnya banyak. Penyebab rasa manis pada anggur adalah tingginya kadar glukosa dan fruktosa.

Jenis buah anggur memang cukup banyak dan setiap jenisnya mempunyai kegunaan yang khas, karena itu usaha tani anggur juga memiliki tujuan yang berbeda, diantaranya anggur untuk buah meja, minuman (wine), kismis dan sari buah anggur. Anggur yang digunakan untuk buah meja yaitu buah yang memiliki ukuran besar, rasanya manis dan segar, dan tidak mudah lepas dari dompolannya.

Terdapat dua jenis anggur yang biasa dimakan, yaitu jenis anggur Vitis vinefera dan Vitis labrusca. Sedangkan tanaman anggur yang familiar di masyarakat dan banyak dibudidayakan adalah jenis Vitis cinefera. Masing masing dari jenis anggur ini memiliki ciri yang berbeda.

Ciri ciri anggur spesies vitis vinefera, antara lain:

  1. Memiliki kulit yang tipis dengan rasa daging buah yang manis dan mengandung banyak air sehingga mampu menyegarkan mulut.
  2. Tanaman anggur vitis vinifera ini dapat tumbuh subur diwilaya dengan ketinggian 1-300 m dpl dan iklim yang kering
  3. Anggur vitis vinifera yang bermutu baik memiliki dompolan buah yang tumbuh sempurna dan menempel kuat pada tangkai. Butiran buahnya gemuk (besar), berwarna merah atau hijau bergantung varietasnya, ada yang bulat bulat telur, jorong jorong kesamping atau memanjang dengan rasa yang manis segar.
  4. Vitis vinifera selain dapat dikonsumsi dalam keadaan segar juga dapat digunakan dalam pembuatan minuman anggur
  5. Jenis anggur yang masuk ke dalam vitis vinifera ini antara lain gros colman, anggur probolinggo biru dan putih, anggur situbondo kuning, golden champion serta aphonso lavelle

Ciri ciri anggur spesies vitis labrusca, antara lain

  1. Memiliki kulit buah yang lebih tebal dengna rasa daging buah yang cukup masam dan kurang segar dimulut
  2. Tanaman anggur vitis labrusca ini dapat tumbuh subur diwilayah dengan ketinggian 1-900 meter dpl
  3. Vitis labursca sering digunakan dalam pembuatan jus dan minuman anggur
  4. Jenis anggur yang termasuk dalam vitis labursca antara lain carman, beacon, delaware, brilliant dan juga isabella

Ciri ciri anggur spesies vitis muscadin antara lain

  1. Memiliki kulit batang yang melekat, dompalan buahnya kecil dan bila buahnya masak mudah rontok
  2. Vitis muscadin biasa digunakan dalam pembuatan jelly dan minuman anggur

Kandungan Nutrisi Dalam 100 Gram Buah Anggur

Kandungan Nutrisi Jumlah
Energi 288 kJ (69 kcal)
Karbohidrat 18,1 gram
Gula 15,48 gram
Serat pangan 0,9 gram
Lemak 0,16 gram
Protein 0,72 gram
Vitamin B1 (Thiamin) 0,069 mg
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,07mg
Vitamin B3 (Niacin) 0,188 mg
Vitamin B5 (Asam Pantothenat) 0,05
Vitamin B6 (Piridoksin) 0,086 mg
Vitamin B9 (Asam folat) 2 μg
Vitamin C 10,8 mg
Vitamin K 22 μg
Kalsium 10 mg
Zat besi 0,36 mg
Magnesium 7 mg
Mangan 0,071 mg
Fosfor 20 mg
Natrium 3,02 mg
Seng 0,07

 

Varian Anggur yang dibudidayakan di Indonesia

Perancis telah dikenal sebagai negara penghasil anggur terbaik di dunia, sedangkan di Indonesia, kota yang dikenal sebagai penghasil anggur yang baik adalah Probolinggo. Anggapan banyak orang tentang kualitas buah anggur di Indonesia yang baik dan bermutu hanya di Impor saja kini perlahan lahan mulai terbantahkan karena kini tidak hanya daerah Probolinggo saja yang menanam dan menghasilkan anggur yang baik dan bermutu, tetapi di Ujungpandang, Nusa Tenggara Timur dan Tapanulit juga telah banyak ditanm dan dibudidayakan buah anggur

Jika dibandingkan dengan kawasan subtropis, Indonesia sebagai negara tropis sebenarnya produktifitas buah anggur di Indonesia memiliki beberapa keunggulan, disamping beberapa kelemahannya. Produktifitas buah anggur dikawasan tripis memang lebih rendah bila dibandingkan dengan kawasan subtropis. Tetapi panen anggur dikawasan subtropis hanya bisa dilakukan sekala dalam setahun sedangkan di Indonesia bisa dilkukan hampir tiga kali panen dan saat panennya pun dapat diatur sepanjang tahun.

Buah anggur telah masuk dan dikenal di Indonesia sejak awal abad 18. Beberapa varietas yang telah masuk indonesia, bahkan sejak jaman penjajahan Belanda dan kini dianggap sebagai anggur lokal. Beberapa varietas buah anggur yang telah banyak beredar di masyarakat antara lain:

  1. Anggur Bali

Di Indonesia, anggur bali ini telah banyak ditanam, sejak tahun 1974, terutama di daerah Buleleng, Banyupoh diwilayah Singaraja. Anggur bali merupakan salah satu buah anggur unggul yang berwarna ungu hitam

Selain memiliki warna gelap ungu hitam, ukuran buahnya tergolong sedang (medium), berbentuk bundar dengan panjang 18,54 mm. Kulit buahnya tebal dengan daging buah yang lunak serta rasanya manis sedang dan berbiji

Anggur bali tergolong sangat rapat buahnya, dengan berat 1 tandan buah berkisar 180 gram. Anggur bali ini dikategorikan sebagai anggur meja yang sering disajikan dalam bentuk segar bukan dalam bentuk bahan minuman

  1. Anggur Probolinggo Super

Buah anggur varian Probolinggo Super ini memiliki varna kulit buahnya merah. Bentuk buahnya elips memanjang dengan rasa daging buahnya yang manis. Buag anggur varian ini juga sangat rapat dengan berat 1 tandan buah berkisar 295 gram. Anggur Probolinggo Super ini juga sering dihasilkan dalam bentuk segar sebagai buah meja.

  1. Anggur Prabu Bestari

Anggur Prabu Bestari merupakan tanaman Instroduksi dari Australia pada tahun 1986. Walaupun dibudidaya di Indonesia, rasa anggur Prabu Bestari ini tidak kalah manis dengan anggur impor. Buahnya terasa manis segar karena memiliki kadar air yang cukup tinggi (±47,77%) serta kadar gulanya berkisar 20% dengan sedikit rasa asam 1,9%

Bentuk buahnya lonjong kecil dengan warna kulit merah tua sampai ungu hitam karena memiliki kandungan resveratrol mencapai 1,5-3 mg/l. selain memiliki rasa yang manis segar, anggur prabu bestari ini juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, berkisar 23,33 mg/100 g bahan sehingga cocok disajikan dalam bentuk segar.

  1. Anggur Kediri Kuning

Dikenal sebagai anggur kediri kuning karena banyak ditanam dan dijadikan sebagai tanaman buah pekarangan di sebagian daerah di Kediri, jawa timur.

Warna kulit buahnya hijau kekuningan dengan bentuk buah elips dan rasa yang asam manis. Buahnya juga tergolong rapat dengan berat tiap 1 tandan mencapai 300,83 gram

  1. Jestro Ag60

Buah anggur Jestro Ag60 ini memiliki bentuk buah bundar agak lonjong dengan panjang buahnya sekitar 15,66 mm. Warna kulit buahnya ungu kehitaman, tekstur daging buahnya krispi dengan rasanya yang manis segar. Kandungan asamnya rendah hanya 0,58% dan kandungan gulanya 16,88%. Dompolan buahnya juga sangat rapat dengan panjang tandan buah mencapai 13,02 cm dan berat per tandan 214,5 gram

Selain memiliki keunggulan dijumlah tandannya yang banyak anggur varian ini dikenal sebagai anggur seedless (tanpa biji) karena jumla biji yang ada didalam daging  anggur ini hanya 0-1 biji atau bisa dikatakan tidak berbiji/ anggur Jostro Ag60 ini dapat dipanen pada umur 90-100 hari setalah pangkas pembuahan dengan ciri buah yang siap panen berwarna ungu kehitaman dan bila dipijat lunak.[/spoiler]

Manfaat Anggur untuk kesehatan dan kecantikan 

Jika buah mangga dikenal sebagai rajanya buah, maka anggur disebut sebagai ratunya buah. Mengapa demikian? Anggur yang berbentuk bulatan kecil namun mengandung banyak air tidak hanya memiliki banyak manfaat bagi tubuh mulai dari membantu menurunkan berat badan hingga menyehatkan kulit. Anggur bisa dikonsumsi secara langsung atau menjadikan jus terlebih dahulu. Meski bentuknya kecil, namun manfaat buah yang satu ini sangat besar dan tentunya tak bisa diremehkan

Di dalam buah anggur terdapat banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan dalam metebolisme tubuh. Selain itu, senyawa antioksidan yang ada did alam buah anggur ini juga mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyerang tubuh kita dan menimbulkan berbagai penyakit yang membahayakan

Karena itulah buah anggur dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita, antara lain:

  1. Menjaga kesehatan jantung dan mengurangi resiko penyakit jantung

Pengumpalan darah pada pembuluh darah yang disebabkan penumpukan kolestrol dalam darah mampu memicu terjadinya penyakit jantung, serangan jantung, bahkan stroke. Mengontrol pola makan dengan mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung antioksidan disebut sebut sebagai salah satu cara yang harus kita lakukan untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung tersebut. Namun, tidak usah khawatir karena buah anggur juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Buah anggur memiliki kandungan antioksidan yang dikenal dengan flavonoid dan memiliki kemampuan untuk meingkatkan jumlah kolestrol baik (HDL). Sehingga anggur dapat membantu kesehatan jantung dengan mengurangi terjadinya pengumpalan darah serta mencegah terjadinya  penebalan pada dinding pembuluh darah yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung.

Selain bagian buah dan kulit, bagian biji anggur juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk mencegah terjadinya stroke. Hal ini disebabkan karena biji buah anggur mengandung endungeoned pycnogenol, sat penguat kolegen yang bisa melenturkan pembuluh darah. Semakin bertambah tua usia manusia, maka pembuluh darahnya juga akan semakin rapuh dan rentan terjadinya penyumbatan yang menyebabkan stroke maupun penyakit jantung koroner. Pycnogenol dalam biji anggur ini akan berfungsi untuk melenturkan pembuluh darah yang rentan terjadinya pembekuan sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya stroke.

  1. Mencegah timbulnya kanker payudara

Mengonsumsi buah anggur secara rutin akan sangat menguntungkan bagi para wanita. Hal ini karena adanya kandungan senyawa resveratrol yang ada dalam buah anggur  mampu mencegah pembentukan sel tumor pada tubuh manusia sehingga dapat membantu para wanita untuk mencegah terjadinya kanker payudara. Bahkan berdasarkan penelitian, para ahli menyatakan jus anggur yang berwarna ungu (berwarna gelap) mampu mencegah terjadinya kanker payudara dengan mengurangi masa tumor pada kanker payudara tersebut

  1. Membantu mengatasi gangguan pencernaan

Mungkin selama ini kita kerap mengalami gangguan pencernaan, seperti perut kembung, sembelit, seing buang air besar dan lain lain. Selain pepaya dan pisang, kita juga dapat meminum jus anggur untuk melancarkan buang air besar. Kandungan dalam jus anggur bisa membantu pergerakan usus yang membuat sistem pencernaan berjalan lancar. Buah anggur juga memiliki kandungan asam organik, gula dan selulosa yang dikenal sebagai pencahar yang bagus sehingga dengan mengonsumsi anggur masalah perut dan pencernaan dapat teratasi

  1. Mencegah rambut rontok

Jus anggur juga memiliki manfaat untuk kesehatan rambut. Jika rambut rontok seringkali membuat kita tidak nyaman bahkan mengganggu penampilan, maka kita dapat mengatasinya dengan mengonsumsi jus buah anggur. Anggur mengandung antioksidan yang membantu melancarkan sirkulasi darah ke kulit dan membuat rambut lebih kuat dan sehat

  1. Menyehatkan kulit

Selain mencetah rambut rontok, jus anggur juga baik untuk kesehatan kulit. Tak hanya mengurangi bintik bintik hitam, jus anggur membantu anda mencegah dan mengobati jerawat. Antioksidan yang terkandung di dalamnya juga bisa membantu memperlambat proses penuaan pada kulit.

Buah anggur kaya akan kandungan pada flavonoid dan resveratrol yang memiliki manfaat sangat baik untuk kesehatan kulit dan mengurangi laju penuaan dalam tubuh sehingga mampu mencegah terjadinya keriput, membuat kulit menjadi lebih segar, kenyal dan awet muda.

Agar dapat memanfaatkan buah anggur untuk menjaga kesehatan kulit, kita juga dapat memperaktekkannya dengan mudah diruma antara lain:

  • Untuk mengatasi kulit kusam

Untuk membantu mengatasi kulit kusam, kita dapat menggunakan satu cangkir buah anggur yang telah dihaluskan atau diblender kemudian ditambahkan dengan satu sendok makan tepung terigu. Aduk sampai tercampur rata, kemudian gunakan untuk masker pada kulit wajah selama 15-20 menit. Kemudian cuci dengan air hangat sampai bersih. Setelah itu dapat gunakan tenor dan pelembab untuk membantu melembabkan kulit.

  • Untuk mencerahkan kulit

Untuk mencerahkan kulit, kita dapat mengkombinasikan buah anggur dengan buah kiwi. Kombinasi antara kandungan vitamin C alam buah kiwi dan antioksidan dalam buah anggur mampu melawan radikal bebas dan sangat baik untuk merawat dan menutrisi kulit wajah kita. Cara pun cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan 2 sendok makan jus buah anggur dengan ½ buah kiwi yang telah diblender dan satu sendok makan madu. Setelah tercampur rata, gunakan sebagai masker pada kulit untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih cerah dan sehat

  • Untuk mengencangkan kulit, mengangkat sel kulit mati dan mengobati jerawat

Untuk membantu mengencangkan kulit, mengangkan sel kulit mati, dan mengobati jerawat kita dapat menggunakan 5-6 butir buah anggur ditambah dengan satu sendok makan madu kemudian dihaluskan dengan blender. Setelah tercampur rata, gunakan sebagai masker wajah selama 15 menit, kemudian cuci bersih dengan air hangat.

Lihat juga

Kategori: Buah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: