Manfaat daun Mint  kesehatan diantaranya adalah membantu pencernaan, mengobati pusing, mengobati mual, mengobati sakit kepala, mengobati hidung tersumbat, meningkatkan kesehatan gigi, mencegah ketombe dan kutu rambut, meredakan nyeri puting akibat menyusui, bertindak sebagai kolik pada bayi dan meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan otot nyeri, meningkatkan kulit, meningkatkan kesehatan mata, Membantu Menurunkan berat badan dan meningkatkan kekebalan.

Apa itu Daun Mint?

Mentha, atau biasa dikenal sebagai daun mint, adalah ramuan dari genus Lamiaceae. Ada sekitar 20 spesies dalam keluarga mint termasuk peppermint dan spearmint, dua tipe yang paling umum. Mint adalah herbal yang dapat ditemukan dalam kondisi lingkungan yang berbeda, tetapi mereka berkembang paling baik di area yang lembab. Keluarga mint adalah salah satu ramuan paling populer karena sifat pendinginannya. Mint memberikan aroma unik dan rasa manis ringan yang memiliki aftertaste dingin. Orang-orang sudah lama akrab dengan mint sebagai penyegar nafas. Daun mint diekstrak untuk menghasilkan minyak atsiri atau mentol. Minyak atsiri mint dan mentol dimasukkan ke dalam permen karet, pasta gigi, semprotan napas, obat kumur, dll. Senyawa L-carvone bertanggung jawab atas aroma dan rasa khas mint.

Daun mint digunakan dalam masakan Timur Tengah, Inggris, dan Amerika sebagai bahan penting dalam hidangan mereka. Bahkan, negara-negara Arab menggunakan mint pada hidangan dan teh domba mereka. Mint juga ditambahkan ke es krim, cokelat, dll. Oleh produsen makanan. Secara tradisional, ramuan ini digunakan untuk aromaterapi. Ini pertama kali dikenal sebagai pewangi ruangan dan dengan demikian mendapatkan gelar: ‘ramuan perhotelan.’ Mengkonsumsi daun mint juga digunakan untuk mengobati beberapa penyakit umum dalam pengobatan tradisional.

Daun mint

Manfaat daun min

[collapse]

 

Info Nutrisi Daun Mint (per 100 g)

Info nutrisi adalah kutipan per 100g, meskipun Anda tidak akan mengkonsumsi jumlah ini sekaligus.

Energi 70 Kcal – 3,5% RDA

Karbohidrat 14,79 g – 11% RDA

Protein 3,75 g – 7% RDA

Total lemak 0,94 g – 3% RDA

Serat makanan 8 g – 20% RDA

Folat 114 mcg – 28% RDA

Niacin 1,706 mg – 10,5% RDA

Asam pantotenat 0,338 mg – 6,5% RDA

Pyridoxine 0,129 mg – 10% RDA

Riboflavin 0,266 mg – 20% RDA

Thiamin 0,082 mg – 7% RDA

Vitamin A 4248 IU – 141% RDA

Vitamin C 31,8 mg – 53% RDA

Sodium 31 mg – 2% RDA

Kalium 569 mg – 12% AKG

Kalsium 243 mg – 24% RDA

Tembaga 329 mcg – 36% RDA

Besi 5,08 mg – 63,5% RDA

Magnesium 80 mg – 20% RDA

Mangan 1,176 mg – 51% RDA

Seng 1,11 mg – 10% RDA

13 Manfaat Kesehatan Menakjubkan dari Daun Mint

  1. Membantu dalam Pencernaan yang Tepat

Mint adalah penambah rasa, dan aroma yang menyenangkan membuat makanan semakin menggugah selera. Mengonsumsi daun mint segar atau hidangan apa pun dengan ramuan ini dapat membantu merangsang kelenjar ludah di mulut Anda dan memicu kelenjar yang bertanggung jawab untuk meningkatkan sekresi empedu yang membantu pencernaan lebih cepat. Menurut University Of Maryland Medical Center, mint memungkinkan aliran empedu lebih efisien dan membantu mengendurkan otot-otot saluran pencernaan Anda. Dengan cara ini, pencernaan ditingkatkan dari tahap 1 – pencernaan oral karbohidrat melalui aksi amilosa / amilase.

Mint juga memiliki sifat karminatif, yang berarti membantu mengeluarkan gas dan meringankan gejala yang terkait. Demikian juga, mint memiliki efek anestesi ringan yang dapat membantu meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan ringan di perut, menenangkan sindrom usus yang sensitif, dan bisul perut. Karena mint bersifat berserat, ia juga dapat mencegah konstipasi (jika daunnya dikonsumsi utuh).

  1. Mengobati Pusing, Mual, dan Sakit Kepala

Mint memiliki kualitas anestetik dan anti-inflamasi yang dapat secara efektif mengobati pusing, mual, dan sakit kepala. Mint dapat diambil dalam bentuk kapsul, teh, atau hanya dengan menghancurkan daun mint dan menghirup aromanya. The Journal of Advanced Nursing telah menyebutkan efek daun mint sebagai pereda rasa mual dalam situasi pasca-operasi. Demikian pula, daun mint membantu meringankan demam, karena sifatnya yang menyegarkan menyegarkan tubuh dan menghilangkan panas yang disebabkan oleh demam.

  1. Mengobati Hidung Tersumbat

Daun mint juga memiliki kualitas yang bermanfaat untuk sistem pernapasan. Menghirup uap daun mint yang direbus membantu mengurangi gejala asma dan flu biasa. Aroma mint yang menyegarkan dapat secara instan mengurangi hidung tersumbat, tenggorokan yang meradang, bronkus, dan paru-paru. Ini juga meredakan iritasi yang disebabkan oleh batuk terus-menerus.

Mint adalah dekongestan yang ideal karena alami dan tidak memiliki efek buruk. Mint sebenarnya adalah salah satu bahan utama dalam inhaler dan balsem buatan komersial tertentu karena mentol yang dikandungnya. Menthol memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu membuka saluran pernapasan dan mengurangi penyempitan bronkus.

  1. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Produsen kosmetik menggabungkan mint dalam berbagai produk perawatan mulut karena manfaatnya bagi kesehatan gigi.

Mengunyah daun mint dapat  membantu dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sakit gigi. Mint memiliki sifat antiseptik yang mengobati infeksi serta zat kimia yang disebut chlorhexidine; senyawa anti-mikroba ampuh yang mencegah bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan bau mulut. Banyak produk pemutih gigi juga mengandung mint sebagai salah satu bahan utama mereka.

  1. Mencegah Ketombe dan Kutu Kepala

Ketombe disebabkan oleh akumulasi kelebihan minyak dan serpihan, dan kadang-kadang infeksi jamur. Selain itu, kulit kepala yang kotor adalah tempat berkembang biak bagi kutu rambut. Cara yang baik dan alami untuk mencegah ketombe dan kutu rambut adalah dengan memijat kulit kepala Anda dengan daun mint yang hancur. Mint memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang efektif meredakan gatal dan iritasi karena membersihkan kulit kepala Anda. Juga, membuat kepala Anda terasa sejuk dan segar. Anda dapat menerapkan mint secara langsung atau untuk manfaat yang lebih optimal, hancurkan daun mint dan remas sampai menjadi halus. Ini juga merupakan praktik umum untuk mencampur permen yang dihaluskan ke dalam produk-produk berbasis minyak dan berlaku untuk kulit kepala sebagai pembalut rambut yang efektif yang dapat mengelola ketombe dan memiliki rambut Anda yang berbau mint segar!

  1. Meredakan Nyeri Puting Karena Menyusui

ASI adalah makanan terbaik yang dapat diperoleh bayi dari ibu mereka dan itu gratis. Namun, semakin banyak ibu menyusui telah menolak untuk terus menyusui anak-anak mereka karena rasa sakit dan retakan areola yang disebabkan oleh bayi mereka yang menyusui. The International Breastfeeding Journal melaporkan bahwa wanita yang sering minum teh mint atau air mint-infused memiliki risiko lebih rendah dalam mengembangkan retakan areola. Atau, ada balm puting berbasis mint yang dapat menenangkan iritasi, meskipun perlu dihapus sebelum waktu makan.

  1. Kolik pada Bayi

Mint sama bermanfaatnya bagi bayi seperti pada ibu mereka. Daun mint mengandung simetikon yang menenangkan bayi dan mencegahnya menangis tanpa henti selama berjam-jam. Simetikon adalah agen anti-gas yang termasuk dalam banyak tetes kolik bayi.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Mint memberikan efek merangsang ke tubuh. Segera setelah Anda menghirup uap daun mint rebus atau minyak esensial, Anda akan mendapatkan peningkatan tiba-tiba dalam denyut nadi dan sirkulasi darah Anda. Efek ini menyebabkan tubuh Anda juga meningkatkan metabolisme serta oksigenasi otak. Seluruh proses ini bermanfaat bagi fungsi kognitif Anda dan meningkatkan perlindungan dari penyakit neuro-degeneratif seperti penyakit Alzheimer. Peningkatan sirkulasi darah juga membantu mencegah individu diabetes dari memperoleh komplikasi karena ketidakseimbangan kadar glukosa dan gangguan terkait sirkulasi.

  1. Meredakan Nyeri Otot

Daun mint dapat digunakan untuk meredakan nyeri otot karena mengandung agen antispasmodik. Agen-agen ini melemaskan otot-otot yang meradang atau tegang, dengan sifat-sifat pendinginannya juga berkontribusi terhadap kemanjurannya. Mint juga meredakan kejang otot usus, dan menjelaskan kegunaannya pada gangguan pencernaan.

  1. Perawatan Kulit

Kulit kusam adalah akibat akumulasi atau pergantian sel kulit mati yang tertunda. Mint memiliki Vitamin E dan Vitamin D yang membantu mempromosikan peremajaan kulit. Plus, ia memiliki asam salisilat yang berguna dalam mengatasi kondisi kulit tertentu dan infeksi jamur. Asam salisilat juga membantu mempercepat pergantian sel-sel kulit mati. Efek astringent mint juga membantu mengecilkan pori-pori dan menyegarkan kulit dengan menghilangkan sebum berlebih.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Mint juga memiliki vitamin A yang sangat penting dalam menjaga fungsi mata yang tepat. Asupan vitamin ini cukup penting untuk pembentukan pigmen fotoreseptor yang ada di retina dan pemeliharaan jaringan epitel. Kekurangan vitamin ini menyebabkan xerophthalmia, rabun senja, dan gangguan mata lainnya seperti prematur. Degenerasi makula

  1. Membantu Penurunan Berat Badan

Mint merangsang pencernaan lemak. Ia bertindak sebagai pemicu bagi enzim-enzim pencernaan untuk dengan cepat menyerap nutrisi makanan dan mengubahnya menjadi energi yang dapat digunakan.

  1. Meningkatkan Kekebalan

Mint dapat menyediakan vitamin C yang dibutuhkan tubuh Anda untuk melawan penyakit umum. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa vitamin C adalah pendorong Imunitas yang kuat, dan daun mint memberikan dukungan yang layak di departemen ini.

Kesimpulan

Daun mint segar menambahkan rasa yang khas dan aroma yang menyegarkan ke hidangan apa pun. Itu juga bisa dimakan segar. Namun, kekuatan antioksidan herbal ini sering diabaikan. Mint lebih dari sekadar bahan untuk hidangan tertentu, minuman, atau pasta gigi. Terlepas dari tujuan kuliner, daun mint memberikan daftar manfaat kesehatan dan membantu mencegah penyakit tertentu. Ramuan kecil memiliki beberapa vitamin dan mineral utama yang dibutuhkan tubuh Anda untuk fungsi yang tepat dan meningkatkan kekebalan. Peppermint adalah salah satu anggota keluarga mint yang paling umum dan terbukti sangat bermanfaat.

Kategori: Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: