Pengertian Debat

Debat adalah argumen terorganisir atau kontes ide di mana para peserta mendiskusikan topik dari dua sisi yang berlawanan. Mereka yang setuju dengan pernyataan atau ide ini adalah pihak “Pro”. Mereka yang tidak akan setuju dengan pernyataan atau ide ini adalah pihak “kontra”.

Setiap pihak akan menunjukkan dengan cara yang terorganisir dan cerdas mengapa mereka percaya memiliki jawaban yang benar. Mereka akan menggunakan contoh dan bukti untuk mendukung ide-ide mereka sambil bekerja menuju sebuah kesimpulan.

Tujuan debat adalah untuk meyakinkan lawan  bahwa pendapat atau argumennya  benar. Ketika kedua belah pihak sepakat tentang subjek atau ketika argumen satu pihak lebih meyakinkan daripada pihak lain saat perdebatan berakhir. Dalam debat formal, seorang mediator (orang yang belum setuju dengan Pro atau Con) akan memutuskan siapa pemenangnya. Dalam debat informal, argumen dapat berlanjut sampai waktu ketika satu pihak menyerah. 

pengertian debat

ilustrasi debat

Mengapa Debat Itu Penting?

Debat itu penting karena membantu orang mengembangkan keterampilan yang memungkinkan mereka untuk menjadi warga negara yang lebih terlibat, membahas isu-isu politik dan global saat ini, memahami pandangan yang bertentangan, bekerja sama dengan orang lain, membuat keputusan yang tepat dan berpikir kritis. Keterampilan ini bermanfaat tidak hanya dalam kehidupan akademik masyarakat, tetapi juga di tempat kerja dan di masyarakat. menurut Boston Debate League, Debat juga dapat membantu orang berpikir lebih kreatif dan mengekspresikan diri.

Contoh Debat

Penting atau tidak menggunakan seragam sekolah ?

“Pro”

  1. Seragam sekolah membuat semua siswa tampak sama. Siswa miskin dan kaya memiliki hak dan dan kewajiban yang sama. Dengan adanya seragam membuat para siswa lebih berkonterasi pada pelajaran mereka tanpa harus memikirkan perbedaan diantara siswa.
  2. Dengan seragam, memberikan siswa rasa memiliki terhadap sekolah
  3. Seragam sekolah murah dan mudah dibersihkan

“Kontra”

  1. Seragam sekolah memungkinkan siswa tidak menjadi dirinya sendiri. Siswa terasa dibatasi untuk berekpresi. Mereka juga terasa panas di waktu musim panas dan kedinginan di musim dingin, karena seragam mereka tidak disesuaikan dengan kondisi cuaca
  2. Siswa tidak perlu seragam agar menjadi diri mereka
  3. Harga seragam sekolah cukup mahal dan cepat rusak.

Bagamaina cara memenangkan debat?

Debat seperti olahraga intelektual di mana Anda harus mempelajari keterampilan untuk menang. Misalnya, untuk memenangkan putaran debat, Anda harus memiliki pemahaman penuh tentang topik yang Anda perdebatkan. Anda juga harus dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Siapakah orang-orang yang menjadi lawan debat anda dan siapa yang mengajukan argumen?
  • Tentang apa perdebatan itu?
  • Di mana kejadian  yang dibahas terjadi?
  • Kapan kejadian  yang dibahas terjadi?
  • Mengapa kejadian  itu terjadi dan mengapa Anda berdebat tentang hal itu?
  • Bagaimana kejadiannya?

Setelah Anda memahami pertanyaan-pertanyaan ini, maka Anda akan dapat membangun argumen Anda dengan cara yang logis untuk memenangkan putaran debat.

Kategori: Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: