Intriduction

Kata Globaliasi berasal dari kata global yang berarti universal. Secara etomologis  (asal-usul kata) globalisasi berasal dari kata globe (bahasa inggris) artinya dunia, maka dari kata tersebut dikenal istilah globalization yang artinya proses mendunia.

Globalisasi merupakan suatu proses saling keterkaitan dan ketergantungan baik antar bangsa, maupun antar manusia di seluruh dunia melalui proses perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer maupun bentuk-bentuk interaksi yg lain sehingga batas batas suatu negara menjadi semakin sempit.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Menurut Selo Soemardjan globalisasi adalah proses terbentuknya sistem organisasi serta komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia.

Achmad suparman

Globalisasi merupakan suatu proses menjadikan sesuatu benda maupun perilaku sebagai ciri dan setiap individu di dunia tanpa adanya batas wilayah.

Menurt Thomas L. Friedman globalisasi memiliki dimensi ideology dan teknologi. Adapun dimensi toknologi yang dimaksud adalah kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi adalah informasi yang sudah menyatukan dunia.

Sementara menurut Malcom Water merupakan seorang profesor sosiologi Universitas Tasmania, mengemukakan globalisasi adalah sebuah proses social yg berakibat pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi tidak begitu penting yang terjelma di dalam kesadaran manusia.

Waters mendefinisikan globalisasi merupakan sebuah proses sosial, dimana batas geografis tidak penting terhadap kondisi sosial budaya, yang pada akhrinya menjelma ke dalam kesadaran seseorang.

Globalisasi juga dapat diartikan  sebagai suatu proses pertumbuhan & perkembangan kegiatan ekonomi lintas batas negara.

Konsep Globalisasi

Bertelson menjelaskan bahwa globalisasi digolongkan kepada tiga konsep yang berbeda;

  • Konsep globalisasi sbg transfer (Transference)
  • Konsep globalisai sbg transenden (Transcendence) dan
  • Konsep globalisasi sbg transformasi (Transformation)

Dampak Globalisasi Pada Suatu Negara

Dengan adanya sistem globalisasi tentu akan berdampak pada suatu negara, khususnya indonesia.  Diantara dampak yang ditimbulkan globalisasi ada yang berdampak positif dan ada juga yang berdampak negatif;

Dampak Positif

Adapun dampak positif yang dengan adanya globalisasi sebagai berikut:

  • Perubahan Tata Nilai & Sikap

Terjadinya globalisasi dalam budaya berdampak pada pergeseran nilai maupun sikap masyarakat yang irasional menjadi rasional

  • Perkembangan Ilmu Pengetahuan & Teknologi (IPTEK)

Perkembangan ilmu pengatahun dan teknologi tentu berdampak pada kemudahan dalam beraktivitas serta mendorong untuk berpikir lebih maju.

  • Peningkatan Taraf Kehidupan Yang Lebih Baik/maju

Hadirnya teknologi komunikasi dan transformasi yang lebih canggih adalah salah satu cara mengurangi tingkat pengangguran dan cara menignkatkan taraf hidup masyarakat.

  1. Dampak positif dalam bidang hukum, pertahanan maupun keamanan;
  • Supermasi dibidang hukum semakin menguat, demokrasi dan tuntutan terhadap diberikannya hak hak asasi manusia.
  • Regulasi hukum serta pembuatan peraturan perundang-undangan yg memihak dan bermanfaat kepada kepentingan rakyat
  • Semakin menguatnya tuntutan terhadap tugas-tugas penegak hukum yg lebih profesional, transparan serta akuntabel
  1. Dampak positif dalam bidang sosial budaya;
  • Semakin meningkatkan pembelajaran terhadap tata nilai budaya sosial, gaya hidup, pola pikir yang lebih baik, serta ilmpu pengetahuan dan teknologi dari bangsa lain yang lebih maju.
  • Meningkatkan etos kerja yg lebih tinggi, keinginan untuk bekerja keras, memiliki sikap disiplin serta jiwa kemandirian, rasional, sportif, dll.
  1. Dampak positif terhadap ekonomi sektor perdagangan.
  • Liberasasi perdagangan barang, jasa, maupun komoditi lain semakin memberikan peluang kepada indonesia untuk ikut bersaing dalam perdagangan luar, terutama dalam hasil pertanian, hasil laut, tekstil, dan bahan tambang.
  • Arus masuk perdagangan luar negeri menyebabkan defisit perdagangan nasional
  1. Dampak positif dalam bidang ekonomi sektor produksi;

Melalui era globalisasi, kecendrungan perusahaan asing untuk memindahkan operasi produksi perusahaannya ke negara-negara berkembang melalui pertimbangan keuntungan geografis.

Dampak Negatif

Perubahan yang terjadi tidak selamanya membawa dampak ke arah yang positif, akan tetapi tidak jarang perubahan yang mengarah negatif, begitu halnya dampak negatif terhadap globalisasi.

  • Menjadikan pola hidup semakin konsumtif

Perkembangan industri yang begitu cepat dan pesat, membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat menjadi melimpah. Hal ini membuat masyarakat lebih mudah untuk mengonsumsi barang dengan beragam pilihan.

  • Menjadikan sikap individualistik

Perkembangan teknologi memudahkan  masyarakat dalam beraktivitas membuat mereka merasa tidak membutuhkan orang lain.

  • Gaya hidup kebarat-baratan

Budaya timur dan Barat memiliki perbedaan, tentu tidak semua budaya barat diterapkan di indonesia. Budaya budaya asing yang cendrung ke arah negatif menggeser budaya asli misalnya; anak anak tidak/kurang hormat kepada orang tua, kehidupan bebas remaja, dll.

  • Kesenjangan sosial

Bilamana dalam suatu masyarakat hanya ada beberapa individu yg dapat mengikuti arus globalisasi maka akan mengalami jurang pemisah antara individu dgn individu lain yang stagnan. Hal ini menyebabkan kesenjangan sosial.

Dampak Negatif dalam bidang bidangnya

  1. Globalisasi dalam bidang hukum, pertahanan & keamanan
  • Peran masyarakat untuk menjaga keamanan, kedaulatan serta ketertiban negara semakin berkurang dikarenakan hal tersebut sudah bagian dari tanggug jawab pihak tentara dan polisi
  • Melalui perubahan dunia yang begitu cepat, dapat mempengaruhi pola mikir masyarakat secara global. Perubahan yang dimaksud seperti sifat pragmatisme, hedonisme, primitif, dan komunisme
  • Semangat gotong royong , solidaritas, kepedulilian dan kesetiakawaan semakin terkikis hingga dalam keadaan tertentu
  1. Pengaruh Globalisasi terhadap sosial budaya
  • Nilai-nilai budaya asing (barat) semakin mudah masuk ke indonesia baik melalui internet, televisi, ataupun melalui media cetak yang banyak ditiru oleh masyarakat
  • Semakin memudahkan apresiasi terhadap nilai nilai budaya lokal yg melahirkan gaya hidup (yang mengutamakan kepentingan diri sendiri)
  1. Pengaruh terhadap kehidupan bangsa indonesia

Pengaruh globalisasi hampir menyentuh semua kalangan, baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Dampak  yang timbul mulai dari dampak positif hingga dampak negatif khususnya pada kalangan anak remaja. Agar tidak terjerumus dalam negatif hendaknya kita mengikuti langkah langkah berikut:

  • Menumbuhkan rasa semangat nasionalisme yang tangguh, misalnya mencintai dan menggunakan produk buatan dalam negeri.
  • Menanamkan serta mengamalkan nilai nilai pancasila dengan sebaik-baiknya
  • Menanamkan serta mengamalkan ajaran agam sebaik-baiknya
  • Selectif terhadap pengaruh globalisasi baik dalam bidang politik, ekonomi, ideologi, maupun sosial budaya.
  1. Pengaruh terhadap budaya tradisional indonesia

Derasnya arus informasi yang terus berkembang hal ini berdampak kepada memudahnya nilai nilai pelestarian budaya. Perkembangan 3T (Transportasi, Telekomunikasi dan Teknologi) menjadikan berkurangnya keinginan untuk melestarikan budaya sendiri. Misalkan di Aceh, dua puluh tahun yg lalu minat untuk belajar tari Ranub Lampuan (Tari Aceh) masih diminati anak anak dan remaja. Hampir setiap diadakan acara kesenian remaja, yang dijadikan sebagai liburan meriah.

Salah satu keberhasilan penyebaran budaya asing (barat) meluasnya anggapan tentang ilmu & teknologi yg berkembang di barat merupakan satu yg universal. Masuknya budaya asing (dlm kemasan ilmu dan teknologi) diterima dgn baik. Pada sisi inilah globalisasi telah memasuki sistem ilai sosial dan budaya timur (termasuk indonesia) sehingga terbuka pula konflik nilai antara teknologi dan nilai nilai ketimuran.

Kesimpulan
  1. Melalui globalisasi menimbulkan dampak yang positif dan dampak negatif
  2. Dampak globalisasi terhadap suatu negara khususnya indonesia memiliki dampak positif dan negatif yang banyak. Norma-norma yang terkandung dlm bangsa indonesia secara perlahan ikut terkikis dan digantikan budaya asing yang masuk
  3. Dampak positif dari globalisasi membawa kemajuan suatu bangsa, sedangkan dampak negatifnya membawa pengaruh buruh terutama dalam sosial budaya.

 Kita harus bersikap lebih bijak untuk mengikuti perkembangan globalisai, ambil nilai niai positif dari proses globalisasi. Melalui globalisasi, perkembangan informasi, teknologi membuat kehidupan yang lebih maju.

Sumber:

  1. Dampak Pengaruh Globalisasi  Bagi kehidupan Bangsa Indonesia
  2. Pengertian Globalisasi
  3. Landasan Teori

 

Kategori: Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: