Apa yang dimaksud dengan intranet?  Intranet merupkan suatu jaringan privasi yang terhubung dengan menggunakan protokol internet TCP/IP dengan tujuan berkomunikasi dan mengirim informasi rahasia hanya dalam lingkup terbatas seperti sekolah atau perusahaan.

Dapat pula dikatakan bahwa intranet merupakan suatu jaringan internet dengan skala dan lingkup terbatas. Intranet umumnya digunakan oleh suatu organisasi atau perusahaan dan tidak dapat diakses oleh pihak luar secara umum.

Pengertian Intranet Menurut Para Ahli

Bagi yang belum terlalu mengerti apa itu intranet, berikut kami berikan beberapa pengertian intranet menurut para ahli.

  • Miftakul Amin

“Pengertian intranet adalah local area network (LAN) dengan menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet, dan diibaratkan berInternet dalam lingkungan lokal.”

  • Turban, King, Lee, dan Liang (2010)

“Pengertian intranet merupakan suatu jaringan perusahaan ataupun pemerintah atau organisasi yang menggunakan tools dalam internet, seperti web browser dan internet protocol dan digunakan perusahaan sebagai media komunikasi dan kolaborasi.”

  • O’Brien dan Marakas (2011)

“Intranet adalah suatu jaringan di dalam sebuah organisasi dengan menggunakan teknologi internet (seperti web browser dan server, TCP/IP protokol jaringan, penerbitan dokumen HTML hypermedia dan database, dan lain-lain) untuk menyediakan lingkungan internet dalam suatu perusahaan untuk berbagi informasi, komunikasi, kolaborasi, serta dukungan dari proses bisnis.”

Dari pengertian diatas dapat kita tahu bahwa intranet memiliki pengertian sebagai sebuah jaringan dengan menggunakan teknologi internet namun hanya dalam lingkup tertentu atau terbatas seperti satu perusahaan atau satu organisasi.

Sejarah Intranet

Sebelum lebih dalam mengenai intranet, kita perlu tahu dahulu bagaimana sejarah intranet itu sendiri. Intranet muncul dari ditemukannya World Wide Web (WWW) oleh Tim Berners Lee beserta rekan-rekannya pada tahun 1989. Pada saat itu, internet dan jaringan komputer pribadi masih sangat populer di berbagai perusahaan dan organisasi.

Barulah pada tahun 1995, intranet mulai diperkenalkan oleh beberapa provider produk jaringan dengan format sesuai kebutuhan organisasi berupa web pada suatu perusahaan. Ada berbagai perusahaan yang mulai menggunakan intranet dalam melakukan kegiatan seperti berkomunikasi data standar hingga mengirimkan informasi dan data rahasia.

Semakin berkembangnya intranet juga tidak pernah lepas dari perkembangan internet. Keduanya dapat membantu menyelesaikan berbagai jenis masalah dalam perusahaan, seperti efektivitas dan efisiensi kerja. Selain itu, intranet juga digunakan sebagai alat untuk membantu aplikasi seperti manajemen proyek, manajemen hubungan dengan pelanggan yang tujuannya adalah untuk meningkatkan produktivitas perusahaan atau organisasi.

Manfaat Intranet

Seperti yang telah disebutkan bahwa intranet memiliki fungsi utama dalam menghubungkan beberapa komputer atau perangkat jaringan dalam suatu organisasi. Selain itu, ada fungsi dan manfaat lain dari intranet, diantaranya adalah:

  1. Memudahkan pekerjaan. Dengan menggunakan intranet, setiap perangkat atau orang dalam sebuah organisasi dapat bertukar informasi baik anta devisi, maupun secara horizontal maupun vetikal dengan mudah sehingga lebih memudahkan dalam bekerja.
  2. Efisiensi biaya dan waktu. Adanya intranet dapat meningkatkan efisiensi biaya serta waktu yang dibutuhkan dalam bekerja.
  3. Operasi dan manajemen. Dengan kemudahan intranet di dalam perusahaan sangat membantu proses operasional dan pengambilan keputusan, baik secara internal maupun antar organisasi.
  4. Lebih modern. Dengan sistem intranet, suatu organisasi lebih modern dalam melakukan komunikasi dan bekerjasama dalam memungkinkan munculnya berbagai ide untuk kemajuan organisasi.
Kelebihan dan Kekurangan Intranet

Sama dengan teknologi sebelum-sebelumnya, intranet sebagai suatu teknologi juga memiliki kelebihan dan kelemahan. Berikut adalah kelebihan dan kelemahan intranet, diantaranya adalah:

Kelebihan Intranet

  • Membantu proses komunikasi dan kerjasama antar individu dalam suatu perusahaan atau organisasi.
  • Bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu dalam angka meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan produk industri.
  • Memudahkan terjalinnya keseragaman informasi yang diterima oleh setiap orang dalam organisasi.
  • Dapat meningkatkan kualitas kerjasama tim dalam organisasi karena mudah mengakses informasi internal.
  • Membantu meningkatkan respon terhadap kebutuhan dan keluhan pelanggan melalui layanan pelanggan.
  • Meningkatkan efisiensi biaya dan waktu sesuai dengan kebutuhan (workflow, kolaborasi, enterprise connectivity).
  • Memiliki fasilitas-fasilitas layaknya jaringan internet berupa email, FTP, Telnet, Rlogin, SMNP, dll sehingga mempermudah aktivitas.

Kekurangan Intranet

  • Memerlukan pelatihan yang membutuhkan waktu cukup lama untuk mendidik anggota dalam menggunakan intranet.
  • Membutuhkan tenaga ahli dalam membangun dan mengembangkan intranet dalam suatu organisasi karena tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.
  • Memungkinkan terjadinya overload (data penuh) karena bebasnya pengiriman pesan antar pengguna intranet jika tidak dilakukan kontrol yang tepat.
  • Dapat menyebarkan informasi yang salah juga mungkin beredar melalui intranet, sehingga kesadaran moral setiap pengguna sangat diperlukan.
  • Intranet dapat berdampak kepada banyak resource yang digunakan sehingga membutuhkan biaya lagi untuk membangun server yang handal.

Demikian itulah penjelasan singkat tentang intranet dari pengertian, sejarahnya, manfaat, serta kelebihan dan kelemahan intranet. Semoga bermanfaat!!

Lihat Juga:

Kategori: Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: