Ditengah belitan aktivitas pekerjaan, minumal energi (engergy drink) banyak mendongkrak tenaga mereka. Namun, bahaya dibalik minuman tersebut sebaliknya diwaspadai sebelum kesehatan kita menjadi taruhannya.

Selain memberikan dorongan energi, berdasarkan penelitian, minuman energi juga dapat memberikan egek negatif pada tekanan darah, denyut jantung, dan fungsi otak. Bahkan bisa menyebabkan kematian. Karenanya, kita perlu mengetahui bahaya dari meniman tersebut. Jumlah gula yang besar dalam minuman energi dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang tidak diperlukan, masalah kesehatan gigi dan menambah berat badan.

Pastikan untuk memeriksa label dan lihat berapa banyak gula serta kafein dalam produk minuman tersebut. Sejumlah besari kafein dan gula dapat menyebabkan dehidrasi. Tubuh yang dehidrasi tidak dapat melakukan sesuatu dengan baik. Jikalau terpaksa harus mengonsumsi minuman energi, cobalah untuk disertai dengan segelas besar air putih agar tetap terhindar dari dehidrasi.

Lebih baik kita mengonsumsi minuman alternatif lain dan diikuti dengan sering istrahat yang cukup, minum air putih, olahraga ringan, serta mengonsumsi energi alami yang berasal dari makanan supaya memberikan tubuh bahan bakar yang dibutuhkan selama beraktivitas.

Beberapa hal bisa mencetuskan terjadinya kelelahan. Antara lain kerja terus menerus dalam beberapa hari terakhir disertai kurang tidur bahkan tidak tidur, waktu kerja yang terus menerus tanpa henti untuk mencapai deadline yang ditentukan.

[spoiler title=’Kelelahan dalam bekerja’ style=’default’ collapse_link=’true’]

Image  via vitamindcouncil.org

[/spoiler]

Hal tak terduga yang membuat lelah

Anda mungkin tak menduga, hal hal berikut bisa menguras energi dan membuat anda lelah;

Dehidrasi

Dehidrasi, bahkan yang biasa biasa saja bisa membuat pikiran lamban dan mengganggu konsentrasi. Kali berikut jika merasa sulit berpikir atau pusing jangan langsung menggangap anda perlu makan. Coba minum atau 2 gelas air

Olahraga berlebihan

Olahrga memang bisa menghilangkan hormon stres, cortisol, tapi terus menerus melakukannya untuk waktu yang lama,  misalnya lari secara teratur lebih dari 30 menit dengan kecepatan sama, justru dapat meningkatkan produksi .

Latihan interval (aktivitas entens) digabung dengan latihan beban (gerakan fee weight – beban yang tidak terkait dengan alat lain dan body weight – beban dari berat badan sendiri) membantu mengendalikan cortisol.

Ponsel

Cek ponsel sebelum tidur meningkatkan aktivitas otak, membuat labih sulit tidur. Selain itu, setiap cahaya biru buatan dari gadget elektronik dapat menekan hormon tidur melatonim. Sebuah poll tahun 2011 National Sleep, 20% orang umur 19 sampai 29 terbangun karena ditelpon, teks atau email paling sedikit beberapa malam seminggu. Matikan peralatan ini secara baik sebelum tidur.

Intinya jangan biarkan seluruh penghasilan yang sudah anda kumpulkan selama ini habis percuma untuk berobat kerumah sakit. Jadilah pekerja yang cerdas menjaga kesehatan fisik dan mental.

NB

[spoiler title=’Obat’ style=’default’ collapse_link=’true’]Banyak obat yang punya efek samping menguras energi, yang paling umum di antaranya beberapa jensi antidepressant dan pemakaian beta blocker tertentu untuk mencegah migrain atau mengobati tekanan darah tinggi. Jika anda mulai minum obat baru dan merasa lebih lelah dibanding biasanya, konsultasi dengan dokter untuk obat lain. Jika tak ada penggantunya, diskusi dengan dokter tentang minuman obat itu sebelum tidur.[/spoiler]

[spoiler title=’Kadar Zat Besi’ style=’default’ collapse_link=’true’]Mineral ini mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan membersihkan sampah dari sel sel. Jia tidak mendapatkan sekitar 18 mg sehari, tubuh sulit berfungsi secara tepat dan anda merasa lelah. Kadar zat besi rendah di dalam diet dapat menyebabkan anemia defisiensi zat besi. Jika merasa lelah, minta dokter untuk periksa darah sederhana untuk menentukan anda perlu minum suplemen.[/spoiler]

Kategori: Hidup sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: