Komponen Produk Domestik Bruto (PDB) adalah pengeluaran konsumsi pribadi, investasi bisnis, belanja pemerintah dan ekspor barang dan jasa. GDP menggambarkan apa yang dihasilkan oleh ekonomi suatu negara.

komponen pdb

Pengeluaran konsumsi pribadi dibagi menjadi barang dan jasa. Mereka mencapai hampir 70 persen dari apa yang diproduksi Amerika Serikat, pada 2014. Investasi bisnis termasuk pembelian yang dilakukan perusahaan untuk memproduksi barang-barang konsumsi. Namun, tidak setiap pembelian dihitung. Pengeluaran pemerintah adalah apa yang pemerintah sumbangkan untuk ekonomi. Belanja militer menyumbang banyak dari jumlah itu. Impor dan ekspor memiliki efek berlawanan pada PDB. Ekspor menambah PDB, sementara impor dikurangi dari PDB.

Komponen Terbesar dari PDB

Komponen terbesar dari PDB adalah konsumsi konsumen. GDP adalah akronim untuk produk domestik bruto, yang merupakan ukuran output ekonomi.

GDP untuk suatu negara dihitung dengan menambahkan semua pengeluaran negara, atau jumlah uang yang dibelanjakan. GDP mengacu pada nilai barang dan jasa yang dihasilkan negara. Jenis perhitungan PDB ini disebut pendekatan pengeluaran. Metode lain untuk menghitung PDB suatu negara termasuk pendekatan produk dan pendekatan pendapatan.

Ada empat jenis pengeluaran: konsumsi, investasi, pembelian pemerintah dan ekspor neto. Dari keempatnya, konsumsi adalah yang terbesar. Konsumsi termasuk barang, baik yang tahan lama dan tidak tahan lama, dan layanan. Ini tidak termasuk barang impor. Barang tahan lama adalah barang-barang yang biasanya memiliki umur panjang, seperti mobil dan peralatan rumah tangga. Barang-barang yang tidak tahan lama biasanya dimaksudkan untuk digunakan segera dan memiliki jangka hidup kurang dari 3 tahun. Membersihkan produk, makanan, minuman, dan pakaian adalah semua contoh barang yang tidak tahan lama.

Di Amerika Serikat, konsumsi konsumen mewakili sekitar 70 persen dari PDB nasional. Dari dua sub kategori konsumsi, layanan adalah yang terbesar. Layanan terdiri dari sekitar setengah dari PDB negara. Pada tahun 2013, jumlah layanan yang dihasilkan adalah $ 7,125 triliun, yang mewakili 44,7 persen dari PDB untuk tahun itu. Jumlah barang tahun itu adalah $ 3,706 triliun, yang dapat dipecah lagi menjadi barang tahan lama pada $ 1,358 triliun dan barang-barang tidak tahan lama di $ 2,366 triliun.

Kategori: Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: