Tanaman lengkuas

Lengkuas dikenal di seluruh Indonesia dengan nama yang berbeda beda, diantaranya

  • Langkueueh (Aceh)
  • Lingkawas (Manado)
  • Langkuweh (Minang kabau)
  • Laja (jawa barat)
  • Laos (jawa tengah, jawa timur, dan Bali)
  • Lingkoboto (Gorontalo)

Lengkuas merupakan tanaman herba dengan ketinggian mencapai 1,5 – 3,5 m. Tanaman ini mengandung beberapa jenis minya atsiri. Minyak atsiri tersebut memiliki bau yang khas. Pada tahun 1990-an de Jong menyatakan bahwa kandungan minyak atsiri lengkuas berkisar antara 0,15-1,5% yang merupakan jumlah yang tinggi.

Syarat pertumbuhan tanaman lengkuas

Tanaman lengkuas dapat tumbuh didataran rendah hingga ketinggian 1200 m dpl. Tanaman tersebut tumbuh baik di daerah yang rendah maupun tinggi curah hujannya dan ditempat yang terbuka maupun agak tertutup

Lahan yang baik untuk tanaman lengkuas adalah yang tanahnya ringan, banyak mengandung humus, dan air hujan tidak mudah menggenag

Lengkuas

manfaat lengkuas

Kingdom: Plantae (tumbuhan)

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Ordo: Zingiberales

Famili: Zingiberaceae

Bangsa: Alonieae

Genus : Alpinia

Spesies: A.galanga

[collapse]

Cara menanam lengkuas

Teknik budidaya tanaman umumnya sama dengan budidaya tanaman jahe. Perbedaan sedikit antara budidaya tanaman dan tanaman lengkuas, yaitu pada jarak tanam dan cara pemanenan.

Jarak tanam yang digunakan dalam budidaya lengkuas adalah 1 x 1 m. Hal itu dimaksudkan untuk memberikan ruang tumbuh bagi tanaman lengkuas yang memiliki sosok  tanaman lebih besar dibandingkan tanaman jahe. Sementara dalam pemanenan, hasil dalam bentuk rimpang yang cukup besar ukurannya dapat dipungut tanpa harus membongkar seluruh tanaman, tetapi cukup dengan menggali dan memotong yang sudah besar saja. Rimpang muda dapat dihasilkan pada umur 2-3 bulan, sedangkan yang sudah cukup besar tetapi belum banyak berserat pada umur 4-7 bulan.

Hama yang perlu diantisipasi adalah ulat karena diocles dan Udas presfolus yang menggeroti daun

Nutrisi yang terkandung dalam tanaman lengkuas

Tumbuhan lengkuas umumnya dikenal sebagai tanaman rempah, dibalik terdapat sejumlah kandungan yang baik untuk tubuh diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, dan zat besi, serta serat makanan dan sejumlah karbohidrat yang baik. Satu porsi ramuan ini hanya memberikan 45 kalori, tetapi memberikan jumlah antioksidan yang mengesankan, termasuk quercetin, alpine, galangin, dan beta-sitosterol, antara lain.

Manfaat Lengkuas untuk kesehatan

Selain dimanfaatkan sebagai bumbu rempah masakan ternyata tanaman rimpang ini memiliki Manfaat yang baik untuk kesehatan, yang paling mengesankan dari lengkuas adalah kemampuannya untuk mencegah kanker, bertindak sebagai agen anti-inflamasi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan motilitas sperma, dan melindungi otak.

  • Pencegah Penyakit Kanker

Berbagai macam antioksidan yang ada dalam rempah eksotis ini menjadikannya sebagai langkah pencegahan yang sangat baik, karena dapat memperlambat stres oksidatif dan menurunkan risiko mutasi seluler.

  • Anti-inflamasi

Mirip dengan kunyit dan jahe, tanaman rempah  ini dikenal untuk mengurangi kondisi peradangan, termasuk rheumatoid arthritis, asam urat, sakit kepala, sindrom iritasi usus, dan masalah umum lainnya. Bubuk ini dapat dibuat menjadi pasta atau dikonsumsi secara internal untuk mendapatkan manfaat

  • Menjaga Sistem kekebalan

Dengan jumlah vitamin C yang baik, yang didukung oleh antioksidan unik seperti alpine dan galangin, sistem kekebalan tubuh dapat menerima istirahat yang baik,  mengurangi peradangan yang tidak perlu di sekitar tubuh.

  • Menangkal Penyakit kronis

Penyakit kronis sering merupakan hasil peradangan kronis dan efek negatif dari radikal bebas; dengan setengah lusin antioksidan hadir dalam rempah-rempah ini, risiko Anda radang sendi, diabetes, dan penyakit jantung koroner menurun terutama.

  • Melindungi kesehatan otak

Manfaat lain dari antioksidan adalah dampaknya terhadap kesehatan otak; dengan mengurangi deposisi plak beta-amyloid di otak, bumbu ini dapat memperlambat atau mencegah timbulnya penyakit neurodegeneratif.

  • Kesehatan Reproduksi

Penelitian telah menemukan bahwa rempah-rempah ini secara khusus dapat meningkatkan motilitas dan produksi sperma, yang baik bagi mereka yang berjuang dengan kinerja seksual atau kejantanan mereka.

Kategori: Sayur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: