Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia, swingle)

Jeruk nipis atau jeruk limao Merupakan tumbuhan perdu yang menghasilakn buah dalam bentuk bulat dengan diameter kurang lebih 3-6 cm (kira – kira sebesar bola pimpong). Kulitnya buahnya berwarna hijau sampai kuning dan memiliki ketebalan berkisar 0,2-0,5 mm dan pada permukaan terdapat banyak kelenjar. Rasa daging buahnya asam, agak mirimp dengan rasa jeruk sitrun (lemon).

Seperti halnya jeruk lemon, jeruk limao juga banyak digunakan sebagai penambah rasa dan aroma jeruk ke dalam berbagai olahan makanan maupun minuman. Jeruk nipis memiliki aroma jeruk yang lebih kaya dan lebih kuat dibandingkan dengan lemon sehingga penggunaannya dimasyarakat tropis yang umumnya memiliki masakan yang kaya rasa dan aroma.

Selain itu jeruk nipis juga memiki kadar vitamin C yang cukup tinggi, meskpin tidak setinggi kadar vitamin C yang terdapat pada jeruk limao.

[spoiler title=’Buah Jeruk Nipis’ style=’default’ collapse_link=’true’]manfaat jeruk nipis

Klasifikasi ilmiah

Kingdom : Plantae

Divisi: magnoliophyta

Kelas: magnoliopsida

Ordo: Sapidales

Famili: Rutaceae

Genus: Citrus

Spesies: C. Aurantifolia

Wikipedia[/spoiler]

Kandungan dalam jeruk nipis

Dalam satu buah terdapat kandungan sitrat 7-7,6%, damar, lemak, minyak asiri, sitral limonen, felandren, lemon kamfer, granil, asetat, linalin, dan kadenin. Jeruk nipis juga merukapan sumber serat dan vitamin C yang sangat baik

Nutrisi Jeruk nipis (tiap 1 buah = 67 gr)
kalori 20
natrium 1 mg
Karbohidrat 7 gr
Vitamin C 19,5 mg
Kalsium 22,1 mg
Zat besi 0,4 mg

Manfaat jeruk nipis

Pada umumnya jeruk ini dimanfaatkan sebagai penyedap minuman dan masakan, seperti soto dll. Jeruk nipis layaknya seperti cuka yang ditambahkan masakan, bedanya jeruk memberikan aroma yang sedap. Selain sebagai pelengkap bumbu masakan jeruk limao juga dimanfaatkan sebagai perawatan kecantikan dan pembersih alat rumah tangga maupun sebagai ramuan obat tradisional yang dapat menurunkan demam, pereda batuk, antinfil amasi dan antiseptik.

Berikut ini beberapa manfaat dari buah jeruk nipis yang perlu anda ketahui

  1. Dapat menghilangkan dahak

Untuk anda yang sedang batuk berdahak, ada baiknya mencoba buah ini, selain dapat menghilangkan batuk maupun batuk berdahak juga dapat mendorong produksi air liur. buah limao juga dipercaya dapat memperkuat limpa

Cara penyajian 1

Sediakan satu buah jeruk limao belah menjadi dua bagian, pada setiap permukaan olesi dengan kapur sirih, selanjutnya panaskan. Perasaan air jeruk tersebut ditambahkan air jernih lalu diminum. Air limao yang kamu minum dapat memperlancar keluarnya dahak yang menjadi penyebab batuk.

Cara penyajian 2

Sediakan 1 butir buah jeruk nipis, peras airnya dan campurkan dengan buah cengkeh, bila perlu tambahkan sedikit gula batu, selanjutnya tambahkan air panas. Setelah semua bahan larut menjadi satu, siap untuk diminum.

  1. Menurunkan Tekanan darah

Manfaat lain dari air jeruk nipis adalah kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah sambil memberikan reliksasi akibat dari stres, depresi, dan kecemasan.

  1. Melemaskan otot otot tegang dan kaku

Terkadang akibat rutinitas yang tinggi membuat anggota tubuh menjadi tegang karena butuh istrihat. Selain perlu istrahat yang cukup, untuk mengembalikan otot otot yang kaku dapat dilakukan dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dan sedikit air. Selanjutnya gosokkan secara perlahan dan merata pada bagian otot yang terasa tegang dan kaku.

Cara lainnya, perasan jeruk dicampurkan kedalam satu ember air hangat, rendam kaki yang terasa pegal pegal atau sakit selama beberapa menit. Perlahan rasa sakit dan pegal akan menghilang.

  1. Menurunkan panas khususnya pada anak-anak

Cara penyajian: ambil 1 buah jeruk limao dan peras airnya ditambah dengan daun siri dan air hangat. Gunakan handuk kecil atau bahan lainnya untuk mengompres. Cara ini dipercaya cukup ampuh menurunkan suhu panas bila dibandingkan mengonpres  dengan air panas saja.

  1. Antimabuk

Anda sering bepergian dalam jarak tempuh jauh dan sering mengalami mabuk dalam perjalanan. Hanya dengan mencium remasan kulit jeruk limao dapat mengurangi pusing/mabuk perjalan. Jadi sebelum melangkah dalam perjalanan jauh sebagai antisipasi sebaiknya sediakan beberapa butir jeruk nipis.

  1. Menghilangkan rasa pusing dan penat

Anda terlalu banyak pikiran, ada baiknya mencoba minum perasan jeruk nipis untuk menghilangkan rasa penat dikepala anda.

  1. Menghilangkan bau badan

Bau badan dapat dicegah dengan mengoleskan deodoran yang tersedia di minimarket. Akan tetapi deodoran yang anda oleskan pada kulit/ketiak cukup mengandung resiko akibat kandungan kimiawi yang terkandung didalamnya. Selain itu, dieodoran yang menempel pada baju menyebabkan baju berwarna kuning. Alternatif menghilangkan bau badan secara alami tanpa resiko yang berarti anda dapat mencobanya dengan perasan jeruk nipis. Cara pengolahannya sebagai berikut

Sediakan jeruk nipis, peras airnya dan campur sedikit dengan kapur sirih, selanjutnya gosokkan pada bagian yang mengeluarkan bau tersebut.

  1. Menghilangkan bau amis

Hampir semua orang mengetahui air jeruk nipis dapat menghilangkan bau amis seperti bau amis ikan, gelas, piring, maupun pada tangan yang sehabis membersihakn ikan.

  1. Menghilangkan noda.

Jeruk nipis dapat diandalkan untuk menghilangkan noda pada pakaian akibat tumpahan tinta atau bahan berwarna lainnya.

  1. Mengkilapkan barang barang yang berbahan dari kuningan dan bahan logam lainnya.
  2. Sebagai alternatif bahan pengawet alami

Sebagian besar petani buah buahan (seperti mangga,apel dll) yang tidak menggunakan pengawet berbahan kimiawi, mereka memanfaatkan jeruk sebagai penggantinya. Untuk cara penggunaannya cukup mudah, dengan merendam buah tersebut pada air jeruk yang sudah dicampur dengan air. Dengan begitu buah buahan dipercaya dapat bertahan lebih lama dan tentunya terbebas dari serangan noda yang dapat menurunkan nilai jual buah tersebut.

  1. Menyeimbangkan pH

Dengan mengonsumsi satu gelas (air+perasan jeruk nipis) dapat menormalkan seluruh tubuh dan menyeimbangkan tingkat pH tubuh.

  1. Detoksifikasi Tubuh

Jeruk lemon dapat membatu menghilangkan racun dalam darah. Nutrisi yang terkandung didalamnya dapat menghilangkan racun karena sebagai akibat diuretik alami, yang merangsang peningkatan buah air kecil.

  1. Perawatan kulit

Dengan mengonsumsi jeruk limao setiap hari dapat meremajakan kulit, karena limao mengandung antioksidan dan sifat anti-penuaan

  1. Meredakan rasa nyeri dan bengkak pada gusi

Minum air jeruk nipis dapat meredakan rasa sakit nyeri pada gusi. Caranya tambahkan sedikit garam dalam perasan jeruk limao.

  1. Mencegah penyakit rematik

Mengkonsumsi segelas jeruk lemon sebelum tidur dapat  menekan dan meredakan penyakit rematik.

  1. Meredakan sembelit

Jeruk nipis juga bermanfaat untuk menyembuhkan sembelit, dengan mencampur perasan jeruk limao dan air hangat lalu mengonsumsinya dipercaya dapat mengatasi sembelit.

  1. Mencegah penyakit ginjal

Salah satu manfaat utama dari jeruk nipis adalah kemampuannya untuk mencegah batu ginjal. Minum air jeruk membantu dalam rehidrasi tubuh dan menjaga urin tetap encer. Hal ini akan mengurangi resiko pembentukan batu ginjal.

  1. Mencegah radang tenggorokan

Cara penyajian

Sediakan 1 buah jeruk limao dan peras airnya ke dalam gelas, tambahakan 3sdm madu. Minum 2 sendok makan ramuan sebanyak 2 kali sehari.

Note;

Tingkat keasaman jeruk nipis sangat tinggi sehingga air buah-nya dapat merusak email gigi jika tidak diencerkan terlebih dahulu dengan air.

Kategori: Buah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: