Meminum jus mangga mungkin merupakan salah satu pilihan sehat yang dapat Anda buat ketika beralih ke diet, karena minuman ini dikemas dengan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan.

Jus Mangga

Jus mangga berasal dari buah mangga, yang tumbuh di pohon-pohon tropis yang termasuk genus Mangifera. Ada ratusan spesies dan kultivar mangga yang tumbuh di seluruh dunia, tetapi varietas yang paling umum adalah Mangifera indica dan Mangifera foetida. Berasal dari kawasan Asia selatan, buah eksotis ini kini telah dipelihara di banyak daerah tropis lainnya, dan merupakan salah satu buah yang paling dicari di pasar.

Jus mangga dibuat dengan menekan atau mencampurkan sari dari ampas lembut, jus mangga memiliki sejumlah manfaat  yang baik bagi tubuh diantaranya  vitamin C, vitamin A, kalium, zat besi, berbagai karotenoid, dan asam organik yang kuat dalam setiap gelas jus. Karena potensi dan rasa jus mangga kuat, sering dikombinasikan dengan jus lain untuk campuran jus buah yang lebih kuat.  Jus mangga telah menjadi bagian dari diet manusia selama ribuan tahun, dan dengan sedikit usaha, Anda dapat membuat jus kesehatan yang manjur ini di rumah untuk menikmati semua manfaatnya.

Jus mangga

jus mangga

[collapse]

Manfaat Jus Mangga

Beberapa manfaat kesehatan yang paling penting dari jus mangga termasuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kesehatan penglihatan, mendukung sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker dan penyakit kronis, meningkatkan kesehatan kulit, mengurangi kadar kolesterol, mempertahankan tingkat keasaman, merangsang pencernaan dan Mencegah terjadinya gejala diabetes.

  • Mencegah Kanker

Selain dari kandungan mineral dan vitamin pada mangga, jus ini juga memiliki berbagai antioksidan, termasuk quercetin, asam galat dan astragalin, antioksidan unik yang dapat membantu mengekang stres oksidatif dan aktivitas radikal bebas, yang dapat menurunkan risiko kanker, khususnya untuk kanker prostat, usus besar dan payudara.

  • Menurunkan Tekanan Darah

jumlah kalium yang cukup dalam jus mangga, ini berarti bahwa segelas dalam setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah, berkat sifat vasodilatornya. Ini akan menurunkan tekanan pada sistem kardiovaskular Anda dan mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung.

  • Meningkatkan Penglihatan

Ada sejumlah besar karotenoid dan vitamin A yang ditemukan dalam jus ini, yang dapat berdampak langsung pada kekuatan penglihatan Anda. Vitamin A berperilaku sebagai antioksidan dan menghilangkan stres oksidatif di retina, mengurangi terjadinya degenerasi makula dan perkembangan katarak.

  • Menurunkan tingkat Kolesterol

Kadar vitamin C yang tinggi lebih dari sekadar meningkatkan sistem kekebalan tubuh; ini  juga dapat bekerja untuk menurunkan tingkat low-density lipoprotein, yang merupakan bentuk kolesterol “buruk”. Ini lebih melindungi kesehatan jantung dan mengurangi jumlah deposisi plak di pembuluh darah dan arteri.

  • Meningkatkan Pencernaan

Selama ratusan tahun, jus mangga telah direkomendasikan untuk merangsang pencernaan dan menghilangkan gejala sembelit.  Dalam jumlah besar, jus ini bekerja seperti pencahar (pencahar adalah makanan atau obat-obatan yang diminum untuk membantu mengatasi sembelit dengan membuat kotoran bergerak dengan mudah di usus), tetapi dalam jumlah sedang, hanya dapat memindahkan tinja Anda bersama dan melumasi saluran pencernaan, membantu meredakan kembung, kram dan sakit perut.

  • Menghilangkan Keasaman

Jus mangga bersifat basa, yang berarti memiliki pH lebih dari 7, dan dapat membantu menyeimbangkan kadar keasaman yang tinggi di usus. Jika perut kita terlalu asam, dapat menyebabkan penyakit asam surutnya dan penyerapan nutrisi yang buruk, tetapi mangga dapat membantu menjaga pH tubuh tetap seimbang.

  • Mengontrol Diabetes

Dalam jumlah kecil atau sedang, gula alami yang ditemukan di mangga dapat membantu mengatur gula darah, karena gula membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh, mencegah lonjakan dan penurunan glukosa yang dapat sangat berbahaya bagi pasien diabetes.   Namun, jika terlalu banyak jus mengkonsumsi mangga, kadar gula darah Anda masih bisa naik tinggi.

  • Meningkatkan Kekebalan

Satu porsi jus mangga, tergantung pada jenis mangga yang Anda gunakan, dapat memenuhi 60-80% dari kebutuhan harian vitamin C. Ini merupakan dorongan besar bagi sistem kekebalan Anda, karena dapat menstimulasi produksi putih. sel-sel darah dan bekerja sama dengan antioksidan lain dalam jus ini untuk mencegah penyakit kronis

  • Memperlancar Sirkulasi

Meskipun kandungan zat besi dalam jus mangga tidak terlalu besar, ini cukup untuk meningkatkan produksi sel darah merah dan mencegah gejala anemia, seperti kelemahan otot, kebingungan kognitif, masalah perut dan kelelahan.

Bagaimana Cara Membuat Jus Mangga?

Meskipun jus mangga cukup populer dan banyak dijajakan, beberapa orang lebih suka membuat jus mangga sendiri di rumah mereka, yang juga memungkinkan mereka mengontrol berapa banyak gula yang ditambahkan ke minuman. Jika Anda memiliki juicer, prosesnya cukup sederhana, dan Anda cukup menambahkan sedikit madu, jika Anda mau. Namun, resep di bawah ini adalah untuk orang-orang yang akan menggunakan blender untuk menyiapkan jus mangga mereka, yang membutuhkan sedikit lebih banyak usaha.

Cara Membuat Jus Yang Benar Agar Nutrisinya Terjaga

Resep

Bahan:

  • 2 buah mangga segar
  • 1 sdt madu
  • 1 cangkir air (disaring)
  • Es batu secukupnya

Langkah 1 – Cuci mangga secara menyeluruh dan keluarkan kulitnya.

Langkah 2 – Potong mangga bentuk kubus kecil.

Langkah 3 – Tambahkan mangga, es, madu, dan air ke dalam blender.

Langkah 4 – Blender selama 2-3 menit atau sampai merata dan halus.

Langkah 5 – Saring campuran ini melalui saringan wadah lain.

Langkah 6 – Tekan atau peras serat yang tersisa untuk mengekstrak semua jus.

Langkah 7 – Buang bekas perasan mangga  dan aduk jus. Tambahkan air untuk mencairkan jus lebih lanjut.

Langkah 8 – Sajikan selagi dingin

Nilai Gizi Jus Mangga

Mangga memiliki nutrisi yang unik dengan komposisi nutrisi yang terbatas. Satu porsi jus mangga akan menyediakan lebih dari 60% dari asupan harian asam askorbat Anda dan lebih dari 40% dari kebutuhan vitamin A yang dibutuhkan. selain kadar kalsium dan zat besi yang signifikan, kalium, magnesium, berbagai vitamin B, mangan, selenium dan tembaga. Selanjutnya, satu porsi jus mangga memiliki sekitar 130 kalori dan sekitar 31 gram gula, yang merupakan salah satu dari beberapa aspek negatif dari jus buah ini.

 sumber


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: