Nanas, nenas atau ananas merupakan tumbuhan yang berbentuk semak, dan tumbuh sepanjang tahun (perennial). Memiliki rasa manis sampai masam, tumbuhan ini memiliki habitat asli dari Benua Amerika (Brazil, Paraguay dan Bolivia) penemunya adalah Coloumbus pada tahun 1493.

Bentuk batang nanas agak mirip dengan gada, memiliki ukuran panjang sekitar 20-25 cm dengan tebal berdiameter 2,0-3,5 cm, beruas ruas (pendek). Pada bagian batang berfungsi sebagai tempat melekat akar, daun, bunga, tunas maupun bauh. Secara visual batang nanas tidak tampak karena tertutupi oleh daun yang banyak. Untuk biji memiliki ukuran panjang tergolong kecil yakni berkisar 3-5 mm, sementara lebarnya berkisar 1-2 mm, berwarna cokelat, kasar, serta agak liat.

Kandungan gizi buah nanas segar dalam 100 gram

Kandungan Giji Jumlah
Kalori 52,00 kal
Protein 0,40 gram
Lemak 0,20 gram
Karbohidrat 16,00 gram
Fosfor 11,00 gram
Zat besi 0,30
Vitamin A 130.000 S.I
Vitamin B1 0,08 Mg
Vitamin C 24,00 gram
Air 85,30 gram
Bagian dapat dikonsumsi 53%

[collapse]

Nanas

jenis dan manfaat nanas

Kasifikasi tumbuhan

Kingdom : Pantae (tumbuhan)

Divisi : Spermatophyta (tumbuhan berbiji)

Kelas: Angiospermae (Bromeliales)

Famili: Bromeliaceae

Genus: Ananas

Spesies : Ananas comosus (L) Merr.

[collapse]

Varietas/Jenis Nanas

Nanas berdasarkan habitus tanaman (bentuk daun maupun) dapat digolongkan menjadi  empat jenis yakni sebagai berikut:

Nanas Ayane

Jenis ini disebut juga sebaga walungka atau sarawak,  buah nanas ini memliki rasa manis dan sedikit asam. Untuk berat rata-rata 1,8 sampai dengan 2,3 kg dan memiliki diameter 11-16 cm.  Adapun ciri ciri lain dari buah ini yakni sebagai berikut:

  • Memiliki daun yang halus, tidak memiliki duri, kalaupun memiliki duri hanya terdapat dibagian tertentu saja seperti pada ujung daun
  • Memiliki bentuk/bobot yang besar hingga 2,3 kg bahkan ada yang mencapai bobot 7 kg,
  • Buah nanas memiliki rasa agak asam, sehingga lebih cocok dibuat sebagai bahan baku kalengan
  • Contoh dari varietas Cayane adalah Smooth Cayane atau Cayane Lisse.

Nanas Queen

Jenis nanas ini memiliki sebutan dan karakter yang berbeda beda tergantung daerah, misalnya di daerah Bogor nanas ini mimiliki varian nanas gati, kapas, dan kiara. Sementara di daerah jawa timur jenis nana ini disebut sebagai nanas bali, di palangkaraya disebut sebagai nanas betawi, di Purwokerto disebut sebagai nanas batu, di Bondowoso dikenal sebagai kidang dan uling, sementara di salatiga jawa tengah dikenal sebagai nanas Bogar dan di Jember disebut sebagai Monserat atau nanas Bali

Adapun ciri ciri dari nanas Queen yakni sebagai berikut

  • Memiliki daun pendek dan berduri tajam membengkok ke arah belakang
  • Bentuk buahnya lonjong menyerupai bentuk krucut sampai slidris, mata buahnya menonjol, memiliki warna kulit agak kemerah-merahan dan memiliki rasa yang manis sehingga cocok sebagai buah segar
  • Contoh dari varietas nanas queen ini adalah nanas Bogor, Blitar, (Kediri) dan Palembang

Nanas Spanyol (Spanish)

Nanas yang memiliki habitat asli wilayah Amerika selatan lebih tepatnya negara Brazil dan Paraguay, memiiki rasa yang asam, juga mengandung sedikit racun, tidak juga mengkonsumsi buah ini dalam jumlah yang banyak dapat mengakibatkan iritasi tenggorokan. Adapun ciri ciri lainnya dari buah ini adalah:

  • Memiliki daun panjang dan berdaun halus sampai dengan kasar
  • Bentuk buahnya bulat, pada bagian mata bentuknya datar dan memiliki warna kuning
  • Dari segi rasa buah ini tidak berbeda jauh jenis nanas ayane, sehingga lebih cocok digunakan sebagai baha kalengan
  • Contoh dari varietas ini adalah Singapore Spanish dan Red Spanish

Nanas Abacaxi

Jenis buah ini memiliki ciri khas dari segi fisik, Selain dari bentuk daunnya juga pada buahnya, sehingga seseorang dengan mudah mengenali jenis buah ini. jenis buah tumbuh tidak begitu banyak bila dibandingkan ketiga jenis nanas diatas, karena lebih cocok tumbuh di wilayah Brazil dan sekitarnya.  Adapun ciri dan bentuk buah ini adalah sebagai berikut:

  • Daun panjang dan memiliki duri yang kasar
  • Bentuk buahnya seperti piramida atau silidris, warna buah kuning pucat dan bertangkai. Dari segi rasa, buah ini memiliki rasa yang manis dan mengandung banyak air
  • Contoh dari varietas buah ini adalah Pernambuco, sugar loaf dan Eleuthera

Manfaat Nanas untuk kesehatan

Diantara manfaat yang diperoleh dari buah nanas untuk kesehatan sebagai berikut:

Mengobati Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis   merupakan  peradangan kronis yang terjadi pada sendi. Nanas memiliki kemampuan untuk mengurangi radang sendi dan otot, terutama yang berkaitan dengan radang sendi.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Nanas kaya akan vitamin C, yang membuatnya menjadi salah satu sumber asam askorbat terkaya. Vitamin C berfungsi sebagai mencegah penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang aktivitas sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan untuk bertahan melawan efek berbahaya dari radikal bebas.

Mempercepat Penyembuhan luka

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam nanas membantu Anda menyembuhkan luka dan cedera dengan cepat dan juga melindungi Anda dari infeksi dan penyakit. Vitamin C memainkan peran penting dalam menciptakan kolagen.  Ini alasan mengapa hal ini sebagai penyembuhan karena kolagen adalah basis protein penting dari dinding pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang.

Mencegah Kanker

Nanas secara langsung berkaitan dengan mencegah kanker mulut, tenggorokan, dan payudara karena kaya akan antioksidan, termasuk vitamin A, beta-karoten, bromelain, flavonoid, dan mangan. Mangan adalah kofaktor penting dismutase superoksida.

Mengobati Batuk

Nanas kaya akan bromelain dan vitamin C, oleh karena itu membantu dalam mencegah dan mengobati penyakit pernapasan serta menghilangkan dahak dari . Kedua nutrisi ini terhubung dengan penurunan dahak dan lendir yang terbentuk di saluran pernapasan dan rongga sinus.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Nanas mengandung jumlah mangan yang mengesankan.  Mangan adalah mineral penting untuk memperkuat tulang serta pertumbuhan dan perbaikannya. mineral yang paling menonjol dalam nanas dalam satu porsi dapat memberi Anda lebih dari 70% kebutuhan harian  dari mineral ini.

Meredakan Asma

Nanas membantu mengurangi gejala asma. Dalam buah nanas terdapat nutrisi penting seperti vitamin C, bromelain, dan beta-karoten, yang membantu mengurangi peradangan yang sering dihadapi oleh penderita asma.

Mengontrol Diabetes

Nanas, kaya serat, adalah makanan yang bagus untuk penderita diabetes. Bagi mereka dengan diabetes tipe 1, itu membantu dalam menurunkan kadar glukosa darah tinggi. Pada penderita diabetes  tipe 2, itu menghasilkan peningkatan gula darah, insulin, dan tingkat lipid. Namun, ada sejumlah gula yang terdapat di dalam , jadi batasi asupan Anda untuk menghindari efek buruk.

Meningkatkan Kesuburan

Nanas juga bermanfaat  untuk meningkatkan kesuburan karena sifat antioksidan. Buah yang mahkotai ini menangkal aksi radikal bebas dan membantu wanita dalam hamil. Vitamin dan mineral seperti vitamin C, beta-karoten, tembaga, seng, dan folat, semuanya berperan penting dalam meningkatkan kesuburan wanita dan pria.

Perawatan kulit

Vitamin C, yang terdapat dalam nanas, adalah antioksidan super yang merona kulit Anda. Ini juga membantu membersihkan jerawat, melawan kerusakan kulit, dan menunda penuaan dengan mengurangi munculnya keriput. Selain itu, pembentukan kolagen sebagian besar dikreditkan ke vitamin C, yang secara tidak langsung menjaga jaringan kulit tetap sehat.

Meningkatkan Kesehatan Mulut

Seiring dengan antioksidan yang melindungi terhadap kanker mulut, nanas juga memiliki sifat astringen, yang memperkuat gusi dan gigi.   Nanas adalah zat yang sangat kuat dan sering diresepkan sebagai obat alami untuk memperbaiki pelonggaran gigi atau retraksi gusi. Zat-zat astringen membantu mengencangkan jaringan dan menyetel tubuh sehingga kehilangan gigi, rambut rontok, kelemahan otot, dan melonggarnya kulit tidak terjadi.

Meningkatkan kesehatan penglihatan

Nanas memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesehatan mata dan mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan usia.  Degenerasi makula mempengaruhi banyak orang lanjut usia dan beta-karoten yang ada di nanas dapat membantu mencegah masalah penglihatan ini.

Menurunkan Tekanan Darah

Nanas adalah sumber potasium yang baik. Tindakan vasodilatasi kalium meredakan ketegangan dan stres pada pembuluh darah serta meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai bagian tubuh.  Ketika pembuluh darah Anda rileks, tekanan darah berkurang dan aliran darah kurang dibatasi. Oleh karena itu, kemungkinan  menderita hipertensi berkurang.

Melindungi Kesehatan Jantung

Sifat vasodilatasi potasium dalam nanas dapat mencegah penggumpalan darah menghalangi aliran darah dan mengurangi akumulasi plak di arteri dan pembuluh darah. Ini membantu mencegah kondisi seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Seiring dengan potensi vasodilatasi potasium, nanas juga menyediakan tubuh dengan tembaga, mineral penting lainnya yang berfungsi dalam sejumlah reaksi enzimatik dan senyawa dalam tubuh. tembaga adalah elemen penting untuk pembentukan sel darah merah yang sehat. nanas juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan mempertahankan jalur saraf untuk mencegah gangguan seperti demensia dan penyakit Alzheimer.

Melarutkan Batu Ginjal

Dengan mengatur pencernaan dan mengurangi pembekuan darah, nanas membantu melarutkan batu ginjal. Konsumsi  buah yang kaya bromelain atau minum jus untuk menjaga ginjal aman dan batu pergi!

Efek Samping Nanas

Efek samping nanas terutama karena proporsi bromelain yang tinggi dan vitamin C hadir di dalamnya. Juga, nanas mentah (belum matang) sangat tidak sehat untuk dikonsumsi dan harus dihindari. Efek samping yang umum dari makan nanas termasuk:

  • Muntah
  • Pembengkakan mulut dan pipi
  • Ruam kulit
  • Diare
  • Sakit kepala
  • Mual

Sumber

Kategori: Buah

1 Komentar

22 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan | Cekkembali · Agustus 23, 2018 pada 6:14 am

[…] secara topikal untuk mendapatkan manfaat dari buah warna kuning cerah ini. Berukut beberapa manfaat buah nanas untuk kesehatan maupun untuk […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: