Mangga dikenal sebagai raja buah-buahan. Selain rasanya manis, mangga juga mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat untuk  kesehatan secra optimal. Mirip dengan pepaya, buah ini juga mengandung  enzim tertentu dengan sifat dingin dlm perut. Mangga kaya serat, bila Anda mengkonsumsi setidaknya satu mangga setiap hari, Anda dapat mencegah sembelit, dan gejala iritasi usus.

[spoiler title=’Buah mangga’ style=’default’ collapse_link=’true’]

manfaat mangga

Klasifikasi ilmiah

Kingkdom: plantae

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Sapindales

Famili: Anacardiaceae

Genus: Mangifera

Spesies: M.indica

Wikipedia[/spoiler]

Nilai Gizi Mangga

Kandungan zat Nilai rata rata buah mangga

Mentah

Matang

Air (%)

90,00

86,10

Protein (%)

0,70

0,60

Lemak (%)

0,10

0,10

Gula total (%)

8,80

11,8

Serat (%)

1,10

Mineral

0,40

0,30

Kapur (%)

0,03

0,01

Fosfor

0,02

0,02

Besi (mg/g)

4,50

0,30

Vitamin A

150 U.I

4.800 U.I

Vitamin B1 (mg/100g)

0,04

Vitamin B2 (mg/100g)

0,03

0,05

Vitamin C (mg/100g)

3,00

13,00

Asam nicotinat (mg/100g)

0,30

Nilai kalori per 100 gr

39

50-60

 

 

Menurut kepercayaan India, mangga melambangkan kehidupan (buah nasional India) dan digunakan di hampir setiap ritual sakral.   Daun mangga hampir selalu digunakan untuk festival dan dekorasi pernikahan. ‘Chutney’ yang terbuat dari mangga India telah menjadi populer secara universal.   Saat ini, India tetap menjadi penghasil mangga utama dunia, Thailand, Cina, Brasil, dan Meksiko juga mengolah buah yang sangat bermanfaat ini.

Mangga memiliki lemak jenuh rendah, kolesterol, dan natrium. Buah ini  juga merupakan sumber serat makanan dan vitamin B6, serta sumber vitamin A dan vitamin C. Selain itu  kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, dan tembaga, dan mereka adalah salah satu sumber terbaik quercetin, beta-karoten, dan astragalin

Manfaat buah Mangga untuk kesehatan dan perawatan kulit

  • Mencegah Kanker

Mangga memiliki sejumlah besar pektin, serat makanan yang larut yang secara efisien berkontribusi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.  Pektin juga dapat membantu mencegah perkembangan kanker prostat.

  • Menambah Berat Badan

Konsumsi mangga adalah salah satu cara termudah untuk menambah berat badan. 150g mangga memiliki sekitar 86 kalori, yang dapat diserap dengan mudah oleh tubuh. Selain itu, mangga juga mengandung pati, yang berubah menjadi gula dan membantu menambah berat badan. Milkshake mangga akan mempercepat proses penambahan berat.

  • Memperlancar pencernaan

Mangga dapat menghilangkan masalah seperti gangguan pencernaan dan keasaman berlebih. Enzim pencernaan di dalamnya membantu memperlancar  pencernaan alami yang efisien. Bahan bioaktif dalam mangga seperti ester, terpene, dan aldehid berkontribusi dalam meningkatkan nafsu makan dan juga meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

  • Menyembuhkan Anemia

Mangga kaya zat besi, yang bermanfaat bagi orang yang menderita anemia.  Asupan yang teratur dan dimoderasi dapat membantu menghilangkan anemia dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Tonik yang dibuat dari mangga dalam obat herbal Cina dikenal sebagai tonik yin, dan digunakan untuk mengobati anemia, gusi berdarah, batuk, sembelit, mual, demam, mabuk laut, dan sebagai obat untuk pencernaan yang lemah.

  • Bermanfaat untuk Kehamilan

Mangga bermanfaat bagi wanita hamil karena buah ini memenuhi persyaratan zat besi. Dokter sering meresepkan tablet zat besi selama kehamilan, tetapi bukannya suplementasi, Anda dapat menikmati diet kaya zat besi yang sehat dengan jus mangga.

  • Perawatan Kulit

Buah mangga dapat dijadikan sebagai alternatif dalam  perawatan kulit. Selain membawa cahaya yang sehat ke wajah Anda, bua mangga juga membantu mencerahkan warna kulit. Anda dapat dengan mudah meningkatkan kecantikan dengan memasukkan buah lezat ini dalam diet Anda secara teratur.

Selain itu mangga efektif mengobati jerawat dengan membuka pori-pori kulit yang tersumbat. Setelah pori-pori ini dibuka, pembentukan jerawat pada akhirnya akan berhenti. Menghilangkan pori-pori kulit adalah cara paling efektif untuk menghilangkan jerawat. Untuk menikmati manfaat ini, tidak perlu memakannya setiap hari; Anda perlu mengangkat pulpa dan menerapkannya pada kulit selama sekitar 10 menit, lalu bilas.

  • Mencegah Penuaan dini

Mangga mengandung banyak vitamin A dan C, yang membantu menghasilkan protein kolagen di dalam tubuh. Kolagen membantu melindungi pembuluh darah dan jaringan ikat tubuh, sehingga memperlambat proses penuaan dini. Oleh karena itu, mangga benar dapat disebut makanan anti-penuaan.

  • Meningkatkan Kesehatan Otak

Mangga memiliki jumlah vitamin B6 yang melimpah, yang sangat penting untuk mempertahankan dan meningkatkan fungsi otak. Vitamin ini membantu dalam penggabungan dari neurotransmiter utama yang berkontribusi untuk menentukan suasana hati dan modifikasi pola tidur.

  • Meningkatkan Imunitas

Mangga kaya akan beta-karoten, karotenoid yang kuat. Unsur ini membantu meningkatkan sistem kekebalan dan membuatnya tahan terhadap bakteri dan racun. Kelebihan beta-karoten juga berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A adalah antioksidan lain yang memberi Anda perlindungan tambahan terhadap radikal bebas yang merusak sistem internal Anda.

  • Obat diabetes

Mungkin anda kurang percaya kalau buah mangga dijadikan sebagai obat dibates karena rasanya yang manis. Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa mangga adalah obat alami untuk diabetes. Masukkan 10 atau 15 daun mangga dalam air hangat dan tutup sebelum tidur. Di pagi hari, minum air dengan perut kosong setelah menyaring daun. Lakukan secara teratur. metode ini telah menunjukkan hasil positif dalam pengelolaan kadar gula darah penderita diabetes.

 Jenis jenis Buah Mangga 

Golek
mangga golek

Dalam bahasa jawa, golek berarti”mencari”. Bardasarkan kata itu pulalah penamaan jenis mangga ini karena setelah menikmati rasanya, orang akan mencari lagi buah mangga yang baru saja dimakan. Buah mangga yang masih muda berkulit hijau dan setelah masak kulit pangkal sampai ke bagian tengahnya berubah warna menjadi warna kuning, sedangkan bagian tengah sampai pucuk menjadi kuning kehijauan dengan bagian pucuk lebih banyak hijaunya.

Buah mangga golek berujung runcing sekitar 17 cm. Kulit buah berselaput tipsi serta halus.  Pada permukaan kulit buah terdapat bintik bintik kelenjar berwarna putih kehijauan yang akan berubah menjadi putih cokelat tua setelah masak. Daging buahnya tebal, lunak, berwarna kuning tua, tidak berserat, tidak berair (kalau diiris tidak banyak mengeluarkan air), aroma cukup harum, serta memiliki rasa manis. Peluk/bijinya berserat pendek serta berbentuk pipih memanjang dengan panjang sekitar 14cm.

Arumanis

mangga arumanis

Disebut mangga arumanis karena buahnya harum (arum) dan rasanya manis. Buah yang sudah tua berkulit hijau tua tertutup lapisan lilin sehigga warnanya seperti hijau kelabu. Pada buah yang telah masak, pangkalnya berwarna hijau kekuningan dengan ketebalan kulit sedang. Pada permukaan kulit terdapat bintik bintik kelenjar berwarna putih kehijauan.

Berat rata rata bisa mencapai 450 g per buah. Bentuk buah bulat panjang dengan panjang rata rata 15 cm. Pada ujung buah terdapat paruh dan sinus (lekukan) yang terlihat jels. Daging buahnya tebal lunak, berwarna kuning, dan tidak berserat (seandainya ada hanya sedikit). Seperti namanya, mangga arumanis memang beraroma harum dan memiliki rasa yang manis (walaupun pada bagian ujungnya terkadang masa terasa asam). Selain itu, buah mangga arumanis tidak terlalu berair. Peloknya berbentuk pipih, berserat pendek, dan panjang sekitar 13 cm.

Manalagi

Bila memakan buah mangga manalagi, jangan heran bila dapat membuat ketagihan dan meminta lagi. Hal ini pula yang mendasari penamaan buah mangga ini. rasanya seperti perpaduan antara rasa mangga golek dan arumanis.

Buah yang sudah tua memiliki kulit berwarna hijau tua kelabu dan tertutup lapisan lilin. Setelah masak, pangkal buahnya akan berwarna kuning, tetapi ujungnya masih hijau. Kulit buah tebal dengan permukaan berbintik bintik berupa kelenjar keputihan yang bagian tengahnya akan berubah warna menjadi cokelat setelah buah masak

Bobot buah mangga manalagi bisa mencapai 0,5kg per buah dengan panjang buah sekitar 16cm. Daging buuahnya tebal, tak begiitu berair, berserat amat halus, berwarna kuning, dan lunak. Rasanya manis, lezat, segar dan beraroma harum.

Buah yang sudah tua, walaupun beluk masak rasanya sudah enak dan manis. Oleh karena itu, buah ini sering juga dimakan dalam kondisi masih keras, tetapi dagingnya buahnya sudah terleihat menguning. Peloknya besar, memiliki panjang sekitar 14 cm, dan berserat pendek.

Endog

Disebut mangga endok karena buahnya bulat kecil seperti telur (endok berarti telur dalam bahasa jawa). Berat rata rata mangga endok berkisar 200 gram per buah. Panjang buahnya berkisar 7cm dengan ketebalan 5-6 cm. Pangkal buah bulat dan puncak buah berparuh sedikit serta tidak berlekuk. Buah yang sudah tua permukaan kulitnya halus dan berlilin serta terdapat bintik bintik kelejar berwarna putih kehijauan. Setelah masak, pangkal buah akan berwarna kuning. Daging buahnya berserat sedikit kasar dengan kadar air buah sedikit. Walaupun aromanya kurang harum, rasanya tetap manis.

Lalijio

Disebut mangga lalijiwo karena setelah makan buah mangga tersebut dan merasakan enaknya, orang bisa lupa terhadap jiwa atau dirinya sendiri. Lali dalam bahasa jawa berartii lupa.

Berat mangga lalijio rata rata berkisar 200 gram per buah, bentuknya bulat panjang serta memiliki panjang sekitar 7 cm. Ujuang buah bulat, berparuh sedikit, dan berlukuk sedikit. Warna buah saat masak adalah hijau tua dan terdapat bintik bintik kelenjar putih kehijauan. Daging buah yang sudah masak berwarna kuning tua, berkadar air hanya sedikit, beraroma kurang harum, dan memiliki rasa yang manis.

Madu

Rasanya yang semanis madu lebah membuat mangga ini disebut mangga madu. Buah mangga madu berbobot berkisar 375 gram, dan berbentuk bulat panjang dengan pangkal dan pucuk buah bulat. Paruh pada ujung buah tidak jelas terlihat, begitu pula lekuknya

Kulit buah halus, berlilin, dan pada permukaan kulitnya terdapat bintik bintik kelenjar berwarna putih kehijauan. Buah mangga madu yang sudah masak pangkalnya berwarna kuning kemerah merahan dengan ujung buah masah berwarna hijau. Daging buah yang sudah masak berwarna kuning dengan bagian dalamnya akan terlihat semakin berwarna kuning tua sepertu warna madu. Daging buah berserat sedikit, kadar airnya sedang, dan beraroma harum.

Pelok buah mangga madu berserat pendek dan memiliki panjang sekitar 9 cm. Bila pelok mangga ini disemai, hasil semainya bagus sekali untuk dijadikan sebagai bibit batang  bawah okulasi tau sambungan

Kemang

Mangga kemang (mangifera caesia jack) memiliki banyak nama lokal, antara lain binjai, binglo putih, atau kemang (sunda); binglu yang besar, yang kecil kemang, gorbus (batak); suka (bima); kwuta (flores) dan belu atau binjai (lampung).

Buah berbetuk tipis seperti elips, berukuran panjang antara 12 – 16cm dan lebar 6-10cm, berwarna kuning kecokelatan saat telah masak dan berbau seperti terpentin, serta memiliki rasa yang amat beragam (ada yang asam, asam manis, atau sepet). Buah mangga ini sering kali dimakan sebagai rujak atau asinan. Peloknya berukuran besar dan tebal.

 

KewenI

Pohon mangga keweni (mangifera ordorata grift) tingginya bisa mencapai 20-30m dengan tajuk berdaun lebar dan berdiameter sekitar 10cm. Penyebarannya terdapat di dataran rendah sampai ketinggian 1000 m dpl.

Daunnya memiliki permukaan yang bergelombang, berujung runcing, bagian pangkalnya meruncing, dan memiliki panjang 25 cm.

Kategori: Buah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: