Introduction

Marketing atau pemasaran pada dasarnya merupakan sebuah proses dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Segala kegiatan yang berhubungan dengan pemuasan kebutuhan serta keinginan manusia termasuk dalam bagian dari konsep marketing itu sendiri. Jadi, tujuan awal dari marketing adalah memenuhi setiap kebutuhan manusia yang kemduian barulah berkembang menjadi keinginan manusia.

Pengertian marketing

Beberapa defisini marketing atau pemasaran oleh para Ahli Ekonomi, seperti:

“Pemasaran merupakan sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain. Philip dan Duncan (2007)”

“Pemasaran adalah suatu sistem menyeluruh dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, serta mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. William J Stanton(1997)”

Dari dua definisi marketing atau pemasaran oleh Ahli Ekonomi diatas dapat disimpulkan bahwa marketing atau pemasaran merupakan suatu konsep yang menyeluruh dimana tujuan utamanya dalah memuaskan kebutuhan dan keinginan yang dimulai dari merencakan, menentukan harga, melakukan promosi hingga mendistribusikan barang dan jasa. Pada umumnya kegiatan pemasaran dilakukan untuk bisnis yang tujuannya adalah mewujudkan tujuan perusahaan.

Fungsi Marketing

Setelah tahu apa definisi marketing atau pemasaran, kita lanjutkan dengan mengetahui fungsi atau manfaat marketing. Ada beberapa fungsi marketing pada perusahaan, yaitu:

  1. Fungsi Perantara

Maksud dari fungsi perantara disini adalah berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Baik menyampaikan produk dari produsen ke konsume, maupun mengetahui apa saja kebutuhan dan keinginan dari konsumen ke produsen. Marketing atau pemasaran memiliki fungsi dalam pencarian dan menyampaikan informasi.

  1. Fungsi distribusi fisik

Hampir sama dengan fungsi perantara. Yang membedakan adalah pada fungsi ini adalah benar-benar pendistribusian barang atau jasa secara fisik. Contoh dari distribusi fisik sendiri antara lain seperti mengangkut, menyjmpan produk yang pada akhirnya disalurkan ke konsumen, baik secara langsung maupun melalui agen atau grosir.

  1. Fungsi Pertukaran

Yang dimaksud dengan pertukaran disini adalah bagaimana marketing atau pemasaran selanjutnya melakukan transaksi yaitu konsumen membeli produk dari produsen dengan menukar uang ataupun penukaran barang dengan barang. Hal ini tentu membutuhkan marketing dan pemasaran produk.

Tugas Marketing

Berdasarkan dari definisi dan juga fungsi marketing sebelumnya, dapat dikatakan bahwa tugas Marketing adalah sebagai berikut.

  1. Marketing bertugas memperkenalkan suatu perusahaannya kepada masyarakat melalui produk yang diproduksi oleh perusahaan tersebut.
  2. Marketing bertugas dan sebagai ujung tambak penghasilan atau pendapatan perusahaan dengan cara menjual produk.
  3. Marketing bertugas menjalin hubungan baik dengan konsumen dan masyarakat pada umumnya karena demi lancarnya kegiatan transaksi.
  4. Marketing bertugas mencari informasi dari konsumen baik mengenai kebutuhan permintaan produk maupun segala sesuatu yang bermanfaat untuk perusahaan terutama dalam meningkatkan kualitas produk.
  1. Marketing bertugas untuk memastikan bahwa target penjualan perusahaan tercapai dengan baik.
Konsep dan Strategi Marketing

Konsep marketing atau pemasaran tidaklah sama dengan konsep penjualan. Perbedaannya terletak pada tugas utamanya, marketing merupakan orientasi manajemen perusahaan yang secara kompleks untuk mewujudkan tujuan dan target perusahaan. Sedangkan penjualan hanya merupakan bagian dari kegiatan marketing dimana untuk memaksimalkan penjualan.

Strategi Marketing

Umumnya  marketing memiliki strategi yang bisa dilakukan untuk mewujudkan keberhasilan perusahaan dalam memasarkan produknya, yaitu:

  1. Produk (product)

Produk merupakan salah satu hal penting untuk menjamin keberhasilan marketing. Agar berhasil memasarkan produk, tentu produk yang dihasilkan harus memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen. Jika produk tidak bisa memenuhi kebutuhan konsumen maka pemasaran tidak akan bisa maksimal.

  1. Harga (price)

Selain produk, harga dapat juga digunakan sebagai strategi Marketing dimana harga yang ditentukan oleh produsen sesuai dengan apa yang diharapkan oleh konsumen. Maka dari itu setiap produsen harus bisa dalam memperhitungkan harga dari biaya produksi, bahan baku hingga biaya-biaya lain yang kemudian ditambah dengan keuntungan yang diperoleh. Tinggi rendah harga mempengaruhi keputusan membeli seorang konsumen.

  1. Tempat atau saluran distribusi (place)

Yang dimaksud tempat adalah tempat saluran distribusi produk yang dibuat oleh produsen. Saluran distribusi juga harus tepat untuk keberhasilan pemasaran. Hal ini juga berhubungan dengan sasaran pasar produk karena tidak semua konsumen mengkonsumsi produk yang sama.

  1. Promosi (promotion)

Promosi merupakan strategi Marketing yang banyak sekali dipilih oleh perusahaan dalam memasarkan produknya. Terlebih bagi perusahaan dengan produk baru. Kegiatan promosi secara aktif dapat mendorong konsumen membeli produk yang ditawarkan.

Strategi Marketing yang menggunakan empat komponen diatas disebut dengan marketing mix dimana merupakan opsi yang paling banyak dipilih oleh perusahaan dalam menjalankan manajemen marketingnya.

Sumber

  1. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-fungsi-dan-tugas-marketing-secara-lengkap/
  2. https://www.kajianpustaka.com/2012/10/pengertian-konsep-dan-strategi-pemasaran.html

[collapse]
Kategori: Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: