Pengembangan Sdm (Sumber Daya Manusia)

Dalam suatu sistem dan organisasi diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas dan efektif dalam rangka mewujudkan tujuan organisasi atau perusahaan. Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang dapat membantu terwujudnya tujuan organisasi adalah dengan melakukan pengembangan sumber daya manusia.

Apa itu pengembangan sumber daya manusia? Pengembangan sumber daya manusia merupakan cara yang efektif untuk menghadapi berbagai tantangan dalam suatu organisasi, di dalamnya keusangan atau ketertinggalan karyawan, diversifikasi tenaga kerja domestik dan internasional. Dilakukannya pengembangan sumber daya manusia ini dapat menjaga atau mempertahankan tenaga kerja yang efektif.

Pengertian Pengembangan SDM 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pengembangan sumber daya manusia, perlu kita tahu apa pengertian pengembangan sumber daya manusia dari beberapa ahli. Berikut beberapa pengertian pengembangan sumber daya manusia.

  • Silalahi (2000)

“Pengembangan sumber daya manusia adalah suatu upaya yang berkesinambungan untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia itu sendiri dalam arti yang seluas-luasnya, melalui pendidikan, latihan, serta pembinaan.”

  • Sedarmayanti (2008)

“Pengembangan sumber daya manusia merupakan suatu usaha yang bertujuan menghasilkan kerangka kerja yang bertalian secara logis dan komprehensif untuk mengembangkan lingkungan dimana karyawan didorong belajar berkembang.”

  • Handoko (2008)

“Pengembangan merupakan suatu cara efektif dalam menghadapi tantangan seperti keusangan karyawan, perputaran tenaga kerja dan perubahan sosioteknis yang di hadapi oleh banyak organisasi besar serta merupakan faktor penentu keberhasilan departemen personalia dalam mempertahankan sumber daya manusia yang efektif.”

            Dari pengertian yang dikemukakan oleh para ahli diatas, pengembangan sumber daya manusia merupakan suatu cara atau upaya efektif perusahaan untuk menghadapi masalah khususnya yang terkait dengan karyawan atau sdm sehingga perusahaan dapat berjalan sesuai yang direncanakan.

Pengembangan sdm umumnya berkaitan dengan kemampuan intelektual dan emosional yang dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan dengan baik. Pengembangan sumber daya manusia hanya dapat diukur dalam jangka panjang. Pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan perusahaan juga dapat membantu para karyawan untuk mempersiapkan diri menghadapi perubahan pekerjaan mereka yang dapat disebabkan oleh teknologi baru, desain pekerjaan, pelanggan baru, atau pasar produk baru.

Tujuan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Melakukan pengembangan sumber daya manusia dalam suatu organisasi tentu memiliki tujuan-tujuan lain selain untuk memperbaiki efektivitas kerja karyawan. Berikut beberapa tujuan pengembangan sumber daya manusia bagi perusahaan, karyawan, konsumen bahkan masyarakat yang mengkonsumsi produk perusahaan.

  • Pengembangan sumber daya manusia akan meningkatkan produktifitas kerja karyawan, meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi karena kemampuan teknik, human skill dan managerial skill karyawan akan dilatih.
  • Pengembangan sdm bisa menambah efisiensi sumber daya manusia, waktu, bahan baku dan mengurangi biaya mesin-mesin. Biaya-biaya berkurang, biaya produksi berkurang sehingga keuangan perusahaan lebih efisien.
  • Pengembangan sumber daya manusia bertujuan untuk mengurangi kerusakan barang, produksi dan mesin-mesin.
  • Pengembangan sumber daya manusia bertujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan karyawan, sehingga mengurangi jumlah biaya pengobatan.
  • Pengembangan sdm juga bertujuan untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik dari karyawan kepada nasabah atau konsumen perusahaan.
  • Pengembangan sumber daya manusia memberi kesempatan karyawan untuk meningkatkan kariernya karena keahlian, keterampilan dan prestasi kerjanya lebih baik.
  • Pengembangan sdm akan membentuk moral karyawan lebih baik karena keahlian dan keterampilannya sesuai sehingga dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.
  • Pengembangan sumber daya manusia membuat manajer akan semakin baik dan cepat dalam mengambil keputusan yang lebih baik.
  • Tujuan pengembangan sdm juga berkaitan dengan kepemimpinan manajemen yang lebih baik.
  • Balas Jasa. Pengembangan sdm dapat meningkatkan balas jasa (gaji, upah, intensif dan benefit) karyawan karena prestasi kerja mereka semakin besar.
  • Pengembangan sdm juga berdampak pada masyarakat konsumen karena mereka akan memperoleh barang atau pelayanan yang lebih bermutu.
Bentuk-Bentuk Pengembangan Sumber Daya Manusia

Menurut Hasibuan (2008), pengembangan sumber daya manusia dikelompokkan atas 2 yaitu pengembangan secara informal dan pengembangan secara formal. Berikut penjelasan mengenai 2 bentuk sdm tersebut.

  1. Pengembangan secara informal

Pengembangan secara informal adalah pengembangan untuk karyawan atas keinginan dan usaha sendiri melatih dan mengembangkan dirinya dengan cara mempelajari buku-buku literatur yang berkaitan dengan pekerjaan atau jabatannya. Pengembangan secara informal menunjukkan bahwa ada keinginan dalam diri karyawan. Bukan hanya karyawan, namun perusahaan diuntungkan karena produktifitas kerja karyawan semakin besar dan efisien.

  1. Pengembangan secara formal

Pengembangan secara formal yaitu pengembangan yang diberikan oleh perusahaan agar karyawan mengikuti pendidikan atau latihan dimana tujuannya agar kemampuan dan produktifitas karyawan meningkat. Perusahaan memerlukan biaya yang tidak sedikit dalam melakukan pelatihan dan pengembangan namun juga dapat menekan biaya-biaya akibat masalah-masalah yang timbul jika karyawan tidak dilakukan pengembangan dan pelatihan sdm.

Pengembangan sdm bertujuan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis, konseptual, dan moral karyawan supaya produktivitas kerjanya baik dan mencapai hasil yang optimal. Semoga bermanfaat!!

[spoiler title=’Sumber:’ style=’default’ collapse_link=’true’]

  1. https://iztyazzahra.wordpress.com/2016/11/19/proses-pengembangan-sdm/

[/spoiler]

Lihat Juga:

Kategori: Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: