Hampir semua orang pasti pernah melihat dan mengenal tanaman pisang. Pisang termasuk dalam golongan terna monokotil atau berkeping satu tahunan dengan bentuk pohon yang tersusun dari batang asli atau dikenal dengan bonggol dan batang seme atau batang palus. Pisang dapat tumbuh dimana saja serta  penanamannya juga tergolong mudah, baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Namun, tanaman ini kurang dapat bertahan hidup pada tempat tempat tergenang air karena dapat memicu timbulnya berbagai penyakit pada tanaman pisang sehingga akar pada tanaman pisang ini menjadi busuk.

Pisang mempunyai bunga majemuk, yang tiap kuncup bunga dibungkus oleh seludang atau daun pelindung bewarna merah kecokelatan dan dikenal dengan jantung pisang yang keluar dari ujung batangnya. bunga tersusun atas daun daun pelidung yang saling menutupi dan bunga bunganya terletak pada tiap ketiak di antara daun pelindung dan membentuk sisir. Bunga pisang termasuk bunga beruma satu. Letak bunga betina di bagian pangkal, sedangkan letak bunga jantan berada ditengah.janting pisang ini akan lepas dan jatuh ke tanah jika bunga telah membuka. Bunga betina akan berkembang secafa normal, sedang bunga jantan yang berada diujung tandan tidak berkembang dan tetap tertutup seludang. Tiap kelompok bunga disebut sisir, yang terusun dalam tandan. Jumlah sisir betina antara 5-15 bunga.

Buah pisang pada umumnya tidak berbiji, kecuali pada pisang batu (klutuk) bisanya memiliki biji. Bijinya kecil, bulat dan warna hitam. Ukuran pisang bervariasi, panjangnya berkisar 10-18 cm  dengan diameter sekitar 2,5-4,5 cm. Buah bergelingir 3-5 alur, berbentuk bengkok dengan ujung meruncing atau membentuk leher botol. Daging buahnya tebal dan lunak.

Pohon Pisang abaka

jenis dan manfaat pisang

pisang abaka merupakan salah jenis pisang serat, habitat asli pisang ini diyakini berasal dari Filipina

Klasifikasi botani tanaman pisang

Kingdom : Plantae (tumbuhan)

Divisi : Magnoliophyta (tumbuhan berbunga)

Kelas: Liliopsida (berkeping satu/monokotil)

Famili: Musaceae (suku pisang pisangan)

Genus : Musa

Spesies: Musa paradisiaca

[collapse]

 

Jenis jenis Pisang

Hampir seluruh daerah di Indonesia dapat ditumbuhi oleh tanaman pisang, bahkan di Indonesia sendiri jenis pisang mencapai 230 varian.

Berdasarkan manfaatnya, buah pisang dibedakan menjadi tiga jenis yaitu:

  1. Pisang Serat (Musa Textilis)

Pisang serat atau disebut juga musa textilis, adalah jenis pisang yang dimanfaatkan bukan bagian buahnya akan tetapi bagian serat batangnya untuk digunakan dalam pembuatan tekstil. Pada awal abad ke 16, di Filipina batang pisang serat ini digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan pakaian. Batang pohon pisang ini tersusun dari lapisan lapisan serat dan dapat tumbuh dengan tinggi maksimal mencapai 7 meter

Pisang ini disebut juga pisang manila karena diduga berasal dari Manila. Tanaman ini biasanya tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 500 m dpl. Tanah yang cocok adalah tanah lempung yang gembur dan kaya humus. Namun tanaman ini mudah roboh oleh tiupan angin yang keras dan juga peka terhadap genangan air.

Tanaman ini siap panen bila kuncup bunga telah keluar. Tanaman siap panen artinya siap dipotong untuk diambil seratnya. Serat yang di peroleh adalah serat yang kuat dan tahan terhadap air. Serat ini cocok untuk dipakai sebagai tali dikapal laut, tali tambang, dan tali untuk kail. Juga bisa dibuat anyaman seperti ayunan, sandal dan lain lain.

  1. Pisang hias (Heliconia Indica Lamek)

Pisang hias atau dalam bahasa latin dikenal dengan Heliconia Indica Lamek umumnya memang ditanam sebagai tanaman hias karena memiliki tampilan fisik yang cukup menarik. Berbeda dengan tanaman pisang serat, ukuran pisang ini tidak sebesar dan setinggi pisang serat. Pisang hias dikelompokkan menjadi dua jenis, pertama adalah pisang kipas yang memiliki bentuk menyerupai kipas dan yang kedua adalah pisang pisangan yang paling populer dijadikan sebagai penghias halaman rumah karena pohonnya berukuran kecil dan memiliki bunga yang indah. Warna bunganya didominasi dengan warna bunga merah, kuning, jingga, pink dan hijau, ataupun campuran dari warna warna tersebut.

Kesitimewaan dari tanaman pisang hias ini adalah mudah tumbuh dan mudah dalam perawatannya. Tanaman ini tumbuh berkelompok. Tanaman biasanya rimbun dan melebar sehingga dapat menutupi tembok atau besi pagar. Selain itu tanaman pisang hias ini juga sangat suka terkena sinar matahari langsung sehingga sangat cocok bila ditanam di pagar rumah atau dipojok halaman yang terbuka.

  1. Pisang buah

Jenis pisang buah atau Musa paradisiaca memang ditanam untuk dimanfaatkan buahnya. Pisang buah dikelompokkan mejadi tiga golongan

  1. Pisang meja atau pisang yang dapat dimakan langsung setalah matang

Golongan pisang meja ini memiliki rasa buah yang enak jika sudah matang dan memiliki bentuk yang tumpul  pada ujung buahnya. Contoh pisang meja adalah pisang susu, pisang mas, pisang raja, pisang ambon kuning, dll

  1. Pisang yang dapat dimakan setelah diolah terlebih dahulu atau dikenai plaintain

Golongan pisang plantain ini memiliki aroma yang kurang tajam, memiliki kadar pati yang cukup tinggi,  pada bagian ujung buahnya runcing dan permukaan buahnya mengkilap. Contohnya adalah pisang tanduk, pisang nangka, pisang kepok, dll

  1. Pisang yang dapat dimakan sewaktu mentah

Jenis pisang yang dapat dimakan sewaktu mentah adalah pisang klutuk (pisang batu) yang berasa sepat dan enak untuk dibuat rujak. Pisang klutuk beserta kulitnya sering ditambahkan ke dalam rujak untuk mencegah sakit perut atau mules setelah makan rujak.

Kandungan Nutrisi, Mineral dan Vitamin dalam Buah Pisang

Kandungan Nutrisi Jumlah Kandungan mineral jumlah
Energi 105 kkal Kalsium 6 mg
Karbohidrat 26,95 g Besi 0,31 mg
Protein 1,29 g Magnesium 32 mg
Serat 3,1 g Fosfor 26 mg
Gula 14,43 g Kalium 422 mg
Lemak 0,39 g Sodium 1 mg
Air 88,39 g Zinc 0,18 mg

 

Kandungan Vitamin Jumlah
Folat 24 mg
Vit. B6 0,433 mg
Vit. B2 0,086 mg
Vit. B3 0,785 mg
Vit. B1 0,037 mg
Vit. A 76 IU
Vit. K 0,6 mg
Vit. E 0,12 mg
Vit. C 10,3 mg

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Selain dikenal sebagai sumber energi yang baik, buah pisang  juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan kita. Buah ini diyakini mampu mengatasi dan mencegah berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan. Beberapa manfaat dari buah pisang  untuk kesehatan kita adalah sebagai berikut:

  1. Buah pisang dapat mengatasi anemia

Anemia atau dikenal dengan sebutan kurang darah adalah suatu kondisi di mana dalam tubuh kita tidak memiliki cukup sel darah merah atau hemoglobin (protein pembawa oksigen) untuk membawa oksigen yag memadai ke jaringan tubuh. Selain disebabkan kekurangan zat besi, anemia juga dapat disebabkan kekurangan asupan vitamin B12, asam folat, dan vitamin C. Untuk mengatasi nya para penderita anemia biasanya disarankan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan hemoglobin. Buah pisang adalah salah satu jenis buah yang direkomendasikan untu dikonsumsi para penderita anemia karena buah ini kaya akan kandungan zat besi yang dapat membantu merangsang produksi hemoglobin di dalam darah dan membantu mengatasi anemia. Penderita anemia disarankan untuk mengonsumsi dua buah pisang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan zat besi dan membantu mengatasi gejala anemia yang mereka alami.

  1. Buah pisang membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi resiko penyakit jantung

Tekanan darah tinggi atau biasa dikenal dengan hipertensi merupakan salah satu faktor  resiko utama terjadinya serangan jantung atau stroke. Karena itulah, kita perlu mencegah terjadinya tekanan darah tinggi dengan menjaga tekanan darah dalam rentang normal. Untuk menjaga tekanan darah tetap normal, kita disarankan untuk selalu mengontrol pola makan kita dengan mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayur yang menyehatkan bagi tubuh kita. Salah satu buah yang sering disarankan oleh para dokter bagi penderita hipertensi adalah buah pisang. Buah tropis ini memiliki kandungan kalium yang tinggi tetapi rendah garam sehingga mampu membantu mencegah dan mengurangi tekanan darah tinggi

  1. Buah pisang membantu meningkatkan konsentrasi pada anak

Pisang dikenal sebagai buah yang kaya energi dan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh kita. Tekstur daging buahnya yang lembut membuat buah ini menjadi salah satu buah pilihan bagi bayi dan anak anak. Di beberapa negara maju, pisang kerap dijadikan bekal makanan anak di sekolah karena buah ini diyakini mampu menyediakan energi bagi anak anak saat mengikuti pelajaran sekolah, seperti meningkatkan konsentrasi anak saat belajar.

Selain kandungan kalium dan vitamin B, kandungan potasium, mangan, serat dan vitamin C dalam buah pisang ini juga dapat membantu produksi serotonin, neropinephrine dan dopamin yaitu hormon yang hasilkan otak untuk membantu menambah konsentrasi

  1. Buah pisang membantu meredakan stess atau depresi

Setres atau depresi merupakan salah satu gangguan psikologis yang mungkin akan kita alami saat kita menghadapi banyak masalah hidup. Depresi ini dapat disebabkan beratnya beban pikiran yang tanpa kita sadari membuat kita menjadi pendiam, pemurung, dan mudah emosi. Saat kita mengalami depresi biasanya kita akan mengunjungi psikolog untuk mendapatkan konseling dan membantu menyelesaikan masalah yang kita hadapi. Namin sebenarnya depresi dapat kita cegah dan kita redakan dengan cara alami yaitu dengan mengkonsumsi berbagai macam vitamin seperti B1, B2, C dan mineral. Salah satu jenis makanan yang meiliki kandungan tersebut adalah buah pisang. Bauh pisang memiliki kandungan vitamin B1, B2, C dan berbagai jenis mineral yang lengkap hingga mampu membantu kita untuk meredakan gejala depresi yang mungkin sedang kita alami.

  1. Buah pisang membantu mengatasi maag dan tukak lambung

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami penyakit maag atau tukak lambung. Maag atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dan terjadi karena adanya luka atau peradangan pada lambung yang mengakibatkan rasa sakit, mulas dan perih pada perut. Di pasaran telah bermunculan obat maag dan hampir 93% dari sekian banyak obat maag tersebut mengandung zat kimia. Salah satu bahan alami yang dapat membantu kita mengatasi aag atau tukak lambung adala dengan mengonsumsi buah pisang.

[collapse]

 

Kategori: buah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: