Secara umum, populasi memiliki pengertian sekumpulan makhluk hidup yang memiliki karakteristik sama yang hidup di wilayah goegrafis yang sama pada waktu tertentu dan bisa bereproduksi antara sesama makhluk hidup tersebut. Namun dalam ranah statistik, populasi memiliki definisi yang berbeda.

Definisi Populasi

Pengertian populasi dalam penelitian mungkin sedikit berbeda dengan pengertian populasi pada umumnya. Berikut ini adalah beberaoa definisi populasi menurut para ahli statistika:

  • Sugiyono (2006)

“Populasi didefinisikan sebagai wilayah generalisasi yang terdiri atas: objek/subjek yang memiliki kualitas dan karakteristik tertentu yang telah ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.”

  • Margono (2004)

“Populasi adalah seluruh data yang menjadi pusat perhatian seorang peneliti dalam ruang lingkup & waktu yang sudah ditentukan sebelumnya dan berkaitan dengan data. Jika setiap manusia memberikan suatu data, maka tingkat populasi akan sama dengan banyaknya manusia.”

  • Nawawi (1998)

“Populasi merupakan keseluruhan objek penelitian terdiri dari manusia, benda, hewan, tumbuh–tumbuhan, gejala, atau peristiwa sebagai sumber data yang memiliki karakteristik tertentu dalam suatu penelitian.”

  • Arikunto (2002)

“Populasi merupakan keseluruhan dari subjek atau objek penelitian. Jika seorang peneliti hendak meneliti semua elemen yang ada didalam wilayah penelitiannya, maka penelitiannya itu merupakan penelitian populasi.”

Dari definisi populasi yang dikemukakan oleh para ahli diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa populasi merupakan suatu kesuluruhan objek yang dapat berupa manusia, benda, makhluk hidup lainnya, gejala atau peristiwa yang memiliki karakteristik dan tempat yang sama dalam waktu tertentu.

Karakteristik Populasi

Dalam menentukan populasi, maka kita harus tahu bagaimana karakteristik populasi. Berikut adalah karakteristik populasi:

  1. Lingkup Biologi

Yang dimaksud dalam lingkup biologi ini merupakan populasi yang diartikan dalam lingkup biologis atau bukan untuk bidang statistik. Ciri-cirinya adalah memiliki organisasi yang bersifat konstan atau fluktuatif sesuai waktu, memiliki sejarah kehidupan, terpengaruh oleh dampak lingkungan serta terintegrasi berbagai faktor genetik dan ekologi.

  1. Lingkup Statistik

Sedangkan dalam lingkup statistik, populasi memiliki ciri-ciri atau karakteristik sebagai berikut:

  • Ukuran atau tingkat besarnya suatu populasi termasuk berbagai parameter utama dipengaruhi oleh kelahiran dan kematian.
  • Sebaran, populasi dipengaruhi oleh faktor seperti persebaran suatu objek tertentu, kondisi iklim dan cuaca, struktur, dan umur objek tersebut, dan lain-lain.
  • Populasi juga dipengaruhi oleh komposisi genetik.
  • Populasi terdapat dispersi, yaitu sebaran individu intra populasi.

Jenis-Jenis Populasi

Jenis populasi secara umum dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu berdasarkan jumlah populasi, berdasarkan sifat populasi, dan berdasarkan perbedaan lain.

  1. Berdasarkan Jumlah Populasi

Berdasarkan jumlah populasi, jenisnya dibagi menjadi 2 yaitu:

  • Populasi Terbatas

Populasi ini merupakan populasi dengan sumber data yang biasanya dapat dihitung jumlahnya karena jumlahnya terbatas. Populasi ini biasanya dibuat sengaja oleh peneliti untuk membatasi populasi. Misalnya saja terbatas pada suatu daerah atau pada karakteristik tertentu. Contohnya adalah pada tahun 1985 terdapat tiga juta wanita yang mengikuti program KB.

  • Populasi Tak Terbatas

Populasi ini merupakan sumber daya yang tidak dapat dinyatakan dalam bentuk jumlah karena bersifat tidak terbatas atau tidak bisa diukur. Populasi tak terbatas ini biasanya karena populasinya tidak dalam bentuk kuantitas. Contohnya adalah  Jumlah nyamuk yang ada dalam satu wilayah yang tidak bisa dihitung jumlahnya.

  1. Berdasarkan Sifat Populasi

Berdasarkan sifatnya, poluasi dibedakan menjadi 2 yaitu:

  • Populasi homogen

Populasi homogen adalah populasi yang unsurnya memiliki sifat yang sama sehingga jumlahnya secara kuantitatif tidak dipermasalahkan.

  • Populasi Heterogen

Populasi heterogen ialah populasi dimana unsurnya memiliki sifat yang bervariasi sehingga harus ditetapkan batasan-batasan tetentu secara kuantitatif dan kualitatif.

  1. Berdasarkan Perbedaan Lain

Berdasarkan perbedaan lainnya, populasi dapat dikelompokkan menjadi:

  • Populasi Target

Populasi target yaitu jenis populasi yang sudah ditentukan sesuai dengan masalah dan kebutuhan penelitian.

  • Populasi Survey

Populasi ini merupakan populasi yang terliput dalam penelitian yang dilaksanakan. Atau populasi yang timbul berdasarkan penelitian yang sedang berlangsung.

Faktor yang Mempengaruhi Populasi

Dalam menentukan populasi dan jumlahnya umumnya dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah:

  • Natalitas

Natalitas merupakan suatu kemampuan populasi untuk meningkatkan jumlahnya dengan bereproduksi. Natalisasi ini dinyatakan dalam bentuk angka jumlah kelahiran individu baru dibagi dengan waktu.

  • Mortalitas

Mortalitas ini merupakan tingkat angka kematian individu di dalam suatu populasi dalam jangka waktu tertentu.

  • Densitas

Densitas ini merupakan tingkat kepadatan populasi yang berhubungan dengan satuan ruang atau area atau tempat. Misalnya, suatu tambak udang menghasilkan 2 ton udang per hektar.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian karakteristik, jenis-jenis, serta beberapa faktor yang dapat mempengaruhi populasi. Semoga bermanfaat!!

sumber

https://statmat.id/pengertian-populasi-dalam-statistika/

[collapse]

 

Kategori: Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: