Dalam setiap hal yang kita lakukan pasti ada resikonya. Termasuk dalam membangun sebuah usaha atau bisnis, pasti juga terdapat resiko usaha yang mungkin dapat terjadi. Meskipun menggunakan strategi bisnis yang begus, resiko usaha tetaplah ada karena tidak ada jaminan yang dapat menjamin suatu usaha atau bisnis terhindar dari resiko usaha.

Pengertian Resiko Usaha

Sebelum menuju pengertian resiko usaha, kita perlu tahu dulu apa itu resiko. Resiko merupakan suatu kejadian, informasi, kerugian atau pekerjaan yang mungkin terjadi akibat dari keputusan yang kita ambil dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan resiko usaha merupakan sebuah tindakan yang sering dikaitkan dengan kemungkinan terjadinya kerugian yang tidak diduga dan tidak diinginkan dalam suatu usaha atau bisnis.

Resiko usaha umumnya akan bergantung pada besar kecilnya usaha. Semakin besar dan kuat suatu usaha maka justru memiliki resiko yang besar pula. Jadi, meskipun suatu bisnis mendapatkan keuntungan yang besar, di satu sisi resiko usaha juga bisa saja mengancam dan menimbulkan kerugian.

Jenis-Jenis  Resiko Usaha

Dalam resiko usaha, setidaknya ada 5 jenis resiko usaha yang mungkin saja terjadi pada usaha atau bisnis. Berikut adalah jenis-jenis resiko usaha tersebut.

  1. Resiko Perusahaan

Resiko perusahaan merupakan resiko yang dapat terjadi dan memiliki dampak terhadap keberlangsungan kegiatan operasi perusahaan atau saham-saham yang ada pada perusahaan tersebut.

  1. Resiko Keuangan

Resiko keuangan merupakan  resiko yang biasanya akan berdampak pada kerugian dari segi keuangan perusahaan. Resiko ini mungkin yang sering muncul dalam setiap usaha.

  1. Resiko Permodalan

Resiko permodalan adalah  sebuah resiko yang muncul karena adanya kerugian penjualan atau likuiditas dan keuangan. Kerugian ini akan menyebabkan modal usaha mengalami penurunan secara signifikan. Resiko permodalan ini dapat dikatakan sebagai akibat dari terjadinya resiko keuangan.

  1. Resiko Pasar

Resiko pasar adalah resiko yang terjadi akibat dari adanya persaingan usaha dari gaya hidup pelangan, perubahan pola persaingan, ataupun karena adanya persaingan baru yang lebih berpontensial di pasar produk.

  1. Resiko Oprasional

Resiko operasonal adalah resiko yang timbul akibat dari adanya penyimpangan hasil produksi. Resiko operasional ini dapat terjadi karena kurang sempurnanya penerapan keputusan, masalah SDM, teknologi, adanya perubahan sistem inovasi dan mutu dalam kegiatan operasional perusahaan.

Klasifikasi Resiko Usaha

Selain jenisnya, resiko usaha juga diklasifikasikan dalam beberapa jenis, diantaranya adalah:

Resiko Usaha Menurut Sifatnya

  1. Resiko Murni

Merupakan resiko yang sudah pasti menimbulkan kerugian dalam bentuk apapun. Misalnya adalah musibah.

  1. Resiko Spekulatif

Merupakan resiko yang dapat muncul karena faktor kesengajaan oleh yang berkaitan supaya memperoleh keuntungan. Misalnya saja perkreditan.

  1. Resiko Fundamental

Merupakan resiko yang jika muncul tidak dapat dilimpahkan kepada seseorang atau orang lain.

  1. Resiko Khusus

Merupakan resiko yang timbul akibat adanya peristiwa tunggal atau mandiri menjadikan kemudahan dalam mengetahui sebab terjadinya. Contoh resiko khusus adalah jatuhnya pesawat dan kapal tenggelam.

  1. Resiko Dinamis

Merupakan jenis resiko yang dikarenakan semakin majunya suatu teknologi

Resiko Usaha Menurut Dapat dan Tidak Dapat Dialihkan

  • Risiko yang dapat dialihkan. Asuransi merupakan jenis resiko yang dapat dialihkan atau dilimpahkan kepada pihak lain.
  • Risiko yang tidak dapat dialihkan. Contoh dari resiko ini adalah tilang atau oleh polisi yang tidak bisa diwakilkan oleh orang lain.

Resiko Usaha Menurut Sumbernya

  • Resiko Internal merupakan resiko yang sumbernya adalah lingkup internal perusahaan. Contohnya adalah rusaknya mesin, atau alat-alat produksi.
  • Resiko Eksternal merupakan resiko yang sumbernya adalah faktor eksternal/luar perusahaan. Contohnya adalah padamnya listrik.

Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Resiko Usaha

Adanya resiko usaha tentu karena adanya faktor-faktor penyebabnya. Berikut adalah faktor-faktor penyebab terjadinya resiko usaha, diantaranya adalah:

  1. Faktor perubahan, faktor perubahan ini diantaranya adalah:
  • Faktor Lingkungan
  • Faktor Sosial dan ekonomi
  • Faktor Persaingan
  1. Faktor kesalahan dalam pengambilan strategi pemasaran. Kesalahan-kesalahan dari pengambilan strategi akan mempengaruhi keberhasilan perusahaan serta resiko-resiko yang dihadapinya.
  2. Faktor kurangnya persiapan. Seberapa jauh ilmu pengetahuan serta persiapan dalam mengelola suatu bisnis dapat menjadi faktor penyebab terjadinya resiko usaha. Apabila ilmu dan persiapan dalam menjalankan usaha rendah, maka semakin besar kemungkinan resiko usaha dapat terjadi.
  3. Faktor kesalahan dalam pengambilan keputusan. Dalam menjalankan suatu usaha tentu akan berkaitan dengan pengambilan-pengambilan keputusan. Kesalahan dalam pengambilan keputusan dapat menyebabkan timbulnya resiko usaha.
  4. Faktor kelengkapan pribadi atau penangungjawab. Faktor ini meliputi kelengkapan pribadi dan penanggungjawab pengusaha.

Itulah ulasan singkat mengenai resiko usaha dari mulai pengertian, jenis-jenisnya, klasifikasinya hingga faktor yang menyebabkan timbulnya resiko usaha. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu.

Lihat juga

Kategori: Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: