Buah tin memiliki sebutan yang berbeda beda, dalam bahasa inggris buah ini disebut dengan “figs”, dalam bahasa perancis dikenal dengan “figue” demikian juga ditanah air kita, di Indonesia umat Kristiani mengenal buah ini sebagai buah Ara sedangkan umat muslim mengenalnya dengan buah tin.

Buah tin adalah salah satu jenis buah yang dapat dimakan. Buah yang diberi dari bahasa arab ini memiliki nama ilmiah “Ficus carica”, termasuk dalam famili Moraceae dan masih kerabat dengan pohon beringin.

Mungkin sebagian dari kita orang indonesia ada yang belum melihat buah ara secara langsung. Karena buah ara ini memang bukan berasal dari tanah air kita dan di Indonesi memang masih sedikit orang yang mencoba membudidayakannya.

Buah tin berasal dari daerah Timur Tengah, dari Makkah, Syam, Palestina, dan Mesir. Pohon tin merupakan  pohon yang besar tumbuh mencapai 10 meter. Batang pohonnya berwarna abu abu halus kecokelatan dan lunak serta dapat mengeluarkan getah yang dapat mengiritasi kulit.

# Habitat

Pohon ini dapat tumbuh di Asia tenggara, tahan terhadap kekeringan dan suhu dingin, (-90C). Serta membutuhkan pencahayaan sebagian atau penuh, kelembapan yang stabil dan membutuhkan unsur unsur hara yang optimal  untuk menjaga mutu buahnya. Pohon ini banyak ditemukan di dataran Mediterania, dapat tumbuh dengan baik di tempat yang memiliki iklim tropis maupun dibelahan bumi yang memiliki empat musim. Setiap iklim memiliki varietas masing masing yang cocok untuk ditanam. Misalnya untuk daerah yang memiliki iklim tropis hanya cocok ditanami pohon tin varietas tertentu saja dan sebaliknya untuk varietas  pohon ton yang berasal dari negara dengan 4 musim relativ membutuhkan perawatan khusus jika ditanam di daerah iklam tripis.

Selain dapat dikembangkan dengan cara generatif menggunakan bijinya, pohon tin juga dapat dikembangbiakkan secara vegetatif melalui stek dan metode pencakokan.

# Daun

Daunnya berukuran besar dan berlekuk ke dalam dengan 3 atau 5 lobus. Panjang daunnya berkisar 12-25 cm dan lebar 10-18 cm tergantung varietasnya. Daun berwarna hijau terang dan memiliki bulu kasar pada permukaan atas tetapi pada bagian bawahnya berbulu lembut.

# Buah

figs yang masih muda berwarna kehijauan dan jika sudah matang akan berubah warna menjadi ungu cokelat, kuning atau hijau tergangung varietasnya.

Ukuran buahnya sebesar biji kelengkeng dan memiliki panjang 3 sampai 5 cm. Buahnya yang masih muda dapat dikonsumsi sebagai bahan olahan sayur yang dimasak tetapi jika sudah matang sering dikonsumsi sebagai buah meja karena rasanya yang lezat serta aroma dan rasanya yang hampir mirip dengan aroma dan rasa buah jambu. Tekstur daging  buahnya empuk dengan tingkat kemanisan yang sedang dan sedikit mengandung ari tetapi memiliki biji yang banyak. Daging buahnya berwarna cokelat atau ungu tergantung varietasnya, basah dan lembut jika sudah matang. Semakin gelap atau semakin hitam warnanya maka rasanya juga akan semakin manis.

Pohon dan Buah Tin

manfaat buah tin

Klasifikasi Buah Tin

Kingdom : Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Subkelas: Hamamelidae

Bangsa: Urticales

Suku: Moraceae

Marga: Ficus

Jenis: ficus carica

[collapse]
Kandungan Nutris Buah Tin/Ara

Nutrisi Buah Tin segar (100 gram) Nutrisi Buah Tin kering (100 gram)
Kalori (kcal) 74 Kalori (kcal) 249
Serat 3 Serat 10
Lemak 0 Lemak 1
Protein 1 Protein 3
Gula 16 Gula 48
Vitamin A 142 Vitamin A 10
Vitamin C 2 Vitamin C 1,2
Vitamin B1 0,1 Vitamin B1 0,1
Vitamin B2 0,1 Vitamin B2 0,1
Vitamin B6 0,1 Vitamin B6 0,1
Sodium 1 Sodium 10
Potassium 232 Potassium 680
Kalsium 35 Kalsium 162
Fosfor 232 Fosfor 67
Magnesium 17 Magnesium 68
Besi 0,4 Besi 3,07

[collapse]

Varietas Buah Tin

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh ahli antropologi, Bar Yosef, menemukan fosil buah tin di desa golgal I yang terletak  di lembah yordania, sekitar 8 mil dari kota tua Jericho, Israel. Menurut ahli Biologi, terdapat 700 macam pohon tin dari keluarga Ficus yang tersebar di seluruh pelosok dunia.

Beberapa varietas buah tin, diantaranya sebagai berikut:

  1. Black ischia

Buah tin Black ischia ini daging buahnya berwarna merah keunguan dengan rasa yang lezat seperti sawo. Black ischia diyakini berasal dari Italia. Buahnya sepintas berbentuk pir dengan tangkai buah pendek dan ukurannya sebesar jambu air, panjang 6,35 cm dan lebar 3,8 cm. Sedangkan daunnya menjari 3 dengan permukaan yang mengkilap. Berwarna ungu tua sampai hitam dengan dasar buah berwarna kehijauan

  1. Panache tiger

Buah tin jenis Panche tiger ini memiliki ukuran yang kecil sampai sedang. Kulit buahnya berwarna hijau bergaris garis kuning sedangkan daging buahnya berwarna merah terang. Daunnya pendek dan tebal seperti daun jati

  1. Flanders

Buah tin jenis flanders merupakan salah satu varietas figs yang paling produktif jika dibandingkan dengan varietas lainnya. Kulit buahnya memiliki corak garis garis ungu dan terdapat noda putih. Jika dicicipi rasa daging buahnya legit seperti campuran rasa buah naga dan pepaya.

  1. Conadria

Buah tin jenis ini memiliki keunggulan tersendiri, karena buah tin jenis Conadria ini sangat produktif serta tahan terhadap panas dan kekeringan sehingga sudah banyak dibudidayakan secara massal dan dapat tumbuh dengan baik di pesisir atau dataran. Kulit buahnya berwarna hijau kekuningan. Sedangkan daging buahnya yang berwarna merah muda memiliki rasa yang tidak terlalu manis dan dapat dikonsumsi secara langsung dalam keadaan segar maupun diproses dikeringkan agar dapat tahan lebih lama

  1. Long Yellow

Sesuai dengan namanya, buah tin jenis long yellow ini memiliki warna buah kuning dengan tangkau buah yang panjang. Rasa dagingnya cukup manis. Namun jika dibandingkan dengan bua tin jenis lainnya, proses pematangan buah ara jenis long yellow ini terbilang agak lambat sehingga butuh waktu yang lebih lama untuk memanennya dari pohon

  1. Negronne

Buah tin jenis ini diberi nama buah tin jenis Negronne karena berasal dari distrik Negronne di Bordeaux, Perancis. Buah tin jenis ini juga sering disebut dengan sebutan “Violette de bordeaux” karena kulit buahnya berwarna ungu nyaris hitam  sedangkan daging buahnya berwarna merah tua dan berasal dari Berdeaux. Buah tin jenis Negronne ini memiliki rasa yang paling enak dibandingkan jenis tin lainnya. Pohon dapat tumbuh tegak, kokoh tetapi cendrung pendek atau kerdil.

Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan

Beragamnya kandungan nutrisi dan senyawa berkhasiat yang terkandung dalam buah ara, membuat buah ini mulai dikenal dan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai salah jenis  buah yang berkhasiat obat. Beberapa khasiat dari buah ara yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan manusia antara lain sebagai berikut:

  1. Buah tin efektif untuk membantu menurunkan berat badan

Para ahli diet dan ahli gizi di Amerika dan Eropa telah merekomendasikan buh tin untuk dijadikan sebagai salah satu jenis buah yang dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dapat disebabkan kandungan serat makanan (dietary fiber) yang terdapat dalam buah ara tergolong tinggi.

Keluhan yang sering dialami oleh pelaku diet saat mereka sedang melakukan program penurunan berat badan adalah adanya gangguan pencernaan. Kandungan laksatif dalam buah tin dapat membantu untuk memperlancar buang air besar sehingga dapat mengatasi gangguan pencernaan yang sering kita alami saat menjalankan program penurunan berat badan

  1. Buah tin mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melindungi seseorang dari serangan jantung koroner

Buah tin memiliki kandungan sodium yang rendah, tidak mengandung garam, lemak dan kolestrol tetapi mengandung kalium, kalsium, serat, dan zat besi yang lebih tinggi. Beberap orang mengalami kekurangan kalium karena kurang mengonsumsi sayur sayuran dan buah buahan yang mengandung kalium dan lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung natrium dan berpengawet. Hal ini yang memicu terjadinya peningkatan darah tinggi dan serangan jantung.

Kandungan kalium (potasium) yang tinggi serta mineral yang terkandung dalam buah tin akan membantu mengontrol tekanan darah pada manusia. Disamping itu keberadaan serat, kalium dan magnesium dalam buah tin mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga seseorang dari serangan jantung koroner.

Buah tin juga mengandung asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan oleh tubuh kita, yaitu omega-3 dan omega-6 yang terbukti berperan dalam mencegah penyakit jantung koroner. Karena itulah para penderita hipertensi (tekanan darah tinggi) dapat mulai mengonsumsi buah arar secara rutin untuk membantu mencegah terjadinya serangan jantung yang kemungkinan dapat menyerang mereka kapan saja.

  1. Buah tin dipercaya memiliki kandungan senyawa mampu membakar kanker

Salah satu keajaiban yang terkandung dalam buah tin yaitu buah ini dipercaya mempunyai bahan yang mampu melawan kanker yang membahayakan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah tin secara teratur dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kanker payudara dan kanker usus besar (kolon), karena dalam buah buah tin terkandung senyawa “polyphenol” yang tinggi dan berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan sangat penting bagi tubuh kita, karena dapat mengurangi efek radikal bebas penyebab kanker dalam tubuh.

Selain itu kandungan serat yang tinggi dalam buah ara dapat membantu membersihkan racun didalam tubuh, serat juga mampu mengikat zat karsinogenik (zat penyebab kanker) yang mampu memicu terjadinya kanker pada saluran pencernaan.

Disamping itu, buah ara juga mengandung unsur lain yang berkhasiat sebagai bahan anti kanker, yaitu “benzaldehyde” yang terbukti mampu bertindak sebagai bahan anti tumor dan “coumarins” yang mampu merawat kulit dan mencegah terjadinya kanker prostart

  1. Buah tin mampu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes

Kelebihan lain yang dimiliki oleh buah figs adalah kandungan lemak dan sodium yang rendah, serta bebas kolestrol sehingga sangat cocok dikonsumsi penderita diabetes mellitus. Bahkan “The American Diabetes Association” telah merekomendasikan bahwa walapun buah tin memiliki rasa yang manis, tetapi buah ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Mengapa demikian? Hal ini disebabkan kandungan serat dalam buah ini mampu memperlambat penyerapan glukosa di usus kecol. Serta gabungan serat yang tinggi dan karbohidrat dalam bentuk yang ringkas, yaitu glukosa dan fruktosa dalam buah tin mampu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes

  1. Buah tin dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis)

Buah tin dapat berfungsi seperti susu, yaitu mampu memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh dengan baik. Kandungan kalsium dan kalium dalam buah ara mampu membantu meningkatkan kapadatan tulang sehingga dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

Dalam 100 gram buah tin mengandung 241 mg dalam kalsium. Jumlah ini 2 kali lebih tinggi dari kandungan kalsium pada susu, yaitu 118 mg per 100 gram. Kalium dalam buah ara juga mampu melawan hilangnya kalsium melalui urin sehingga mencegah terjadinya kekurangan kalsium dalam tulang.

[collapse]
Kategori: Buah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: