Mengelola keuangan dalam bisnis adalah beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan ketika memulai dan menjalankan bisnis. Ini semua tentang penggunaan dana yang tersedia secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan bisnis. Manajemen keuangan ditujukan untuk merencanakan, mengamati, mengatur, dan mengelola sumber daya moneter suatu bisnis.

Menghasilkan keuntungan adalah tujuan dari setiap usaha kecil, tetapi mengelola keuangan seringkali tampak seperti hambatan untuk mencapai tujuan itu. Hampir setengah dari pemilik usaha kecil mengatakan pembukuan adalah bagian yang paling tidak mereka sukai dalam menjalankan bisnis mereka.

Strategi manajemen keuangan usaha kecil

  • Memaksimalkan Manajemen Keuangan Anda

Salah satu alasan pemilik usaha kecil menganggap manajemen keuangan rumit karena mereka masih mencoba melakukannya secara manual. Hampir setengah dari pemilik usaha kecil tidak menggunakan teknologi modern untuk menangani akuntansi. Saat ini cukup banyak layanan yang bisa dimanfaatkan untuk pembukuaan akuntansi yang dapat digunakan sangat mudah dilakukan siapa saja.

Berikut aplikasi pembukaan untuk bisnis yang baru kamu kelola

  1. ZAHIR

Zahir online diperuntukkan bagi mereka yang sulit membuat pembukuan online terutama bisnis yang sudah membutuhkan pembukuan skala besar. Zahir online dapat membantu mengelola keuangan anda berbasis website. Pos – pas dalam aflikasi ini tergolong cukup lengkap mulai dari pos penjualan, pembelian, hutang – piutang, persediaan, dan masih banyak lagi. Untuk menggunakan aplikasi ini, anda harus mengeluarkan biaya sebesar 2,2 juta

  1. QuickBooks Online

Adalah sebuah software akuntansi yang awalnya dirancang developer Intuit Inc. Melalui aplikasi ini anda dapat membuat laporan keuangan dengan mudah dan akurat. Untuk fitur dari aplikasi ini mulai dari laporan penjualan secara detail, laporan pembelian, laporan hutang piutang, persediaan, laba rugi, rugi dan masih banyak lagi. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini setidaknya anda harus merogo kocek sekitar 250 ribu setiap bulannya

Tentukan Peruntukan Keuangan

Mengelola keuangan Anda menjadi lebih mudah ketika Anda memiliki tujuan keuangan yang jelas. Hartford merekomendasikan agar Anda menetapkan tujuan bisnis Anda dengan terlebih dahulu mengartikulasikan visi yang menentukan apa yang ingin dicapai oleh bisnis Anda. Anda kemudian dapat memilih tujuan keuangan yang selaras dengan visi ini dan mulai mempertimbangkan taktik untuk mencapai tujuan ini. Buat tujuan Anda terukur sehingga Anda dapat melacak kemajuan Anda dan membuat penyesuaian. Misalnya, alih-alih mengatakan Anda ingin menghasilkan lebih banyak uang, tentukan target pendapatan tertentu, seperti mengatakan bahwa Anda bertujuan untuk menggandakan pendapatan Anda pada kuartal ini tahun depan. Kemudian mulailah mendefinisikan taktik yang akan memungkinkan Anda untuk mencapai tujuan ini, sekali lagi menggunakan angka yang terukur. Misalnya, jika tujuan Anda adalah menggandakan pendapatan Anda, berapa banyak penjualan yang diperlukan untuk mencapai ini? Berapa banyak prospek yang perlu Anda capai untuk menghasilkan banyak penjualan? Berapa yang akan mengharuskan Anda membelanjakan untuk pemasaran?

Tingkatkan Penghasilan

Sasaran finansial utama untuk bisnis apa pun adalah meningkatkan pendapatan. Legenda pemasaran, Jay Abraham mengatakan bahwa ada tiga cara utama untuk menumbuhkan pendapatan Anda untuk bisnis apa pun: meningkatkan jumlah pelanggan yang Anda jual, meningkatkan jumlah rata-rata per pembelian yang dibeli oleh pelanggan Anda, atau meningkatkan jumlah kali pelanggan Anda membeli dari Anda. Anda dapat meningkatkan penghasilan dengan meningkatkan angka di salah satu area ini, atau Anda dapat melipatgandakan pendapatan Anda secara eksponensial dengan meningkatkan angka di lebih dari satu area. Untuk mencapai ini, Anda dapat menetapkan tujuan seperti meningkatkan jumlah tampilan halaman Facebook Anda, menambahkan produk premium ke lini produk Anda atau mengembangkan program peningkatan penjualan untuk menghasilkan lebih banyak bisnis yang berulang.

Menekan Biaya 

Memotong pengeluaran Anda bisa menjadi cara lain untuk meningkatkan laba Anda. Ahli strategi bisnis kecil Donna Marie Thompson merekomendasikan beberapa pendekatan yang dapat Anda ambil untuk memangkas biaya. Salah satunya adalah meninjau kategori pengeluaran Anda dan mencari cara Anda dapat memangkas masing-masing item. Misalnya, Anda mungkin dapat memotong biaya penggajian dengan outsourcing, atau Anda mungkin dapat memotong biaya TI dengan menggunakan solusi berbasis cloud alih-alih server di tempat.

Pendekatan lain berfokus pada biaya yang terkait dengan produk atau layanan tertentu. Misalnya, Anda mungkin melihat apakah Anda dapat memotong biaya dengan menggunakan bahan, pemasok, atau metode pengiriman yang berbeda.

Pendekatan ketiga adalah memotong biaya secara geografis dengan memfokuskan pada pengeluaran yang terkait dengan lokasi tertentu. Misalnya, jika salah satu lokasi cabang Anda tidak menguntungkan, Anda dapat mempertimbangkan apakah sumber daya tersebut akan lebih baik digunakan di tempat lain.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: