Baik Anda ingin membuat menghitung anggaran pribadi atau hanya memahami manajemen uang, mulailah dengan enam langkah ini.

Jika Anda tidak menggunakan spreadsheet anggaran, Anda mungkin perlu beberapa cara untuk menentukan ke mana uang Anda pergi setiap bulan. Membuat anggaran dengan templat dapat membantu Anda merasa lebih mengendalikan keuangan Anda dan membiarkan Anda menghemat uang untuk tujuan Anda. Kuncinya adalah menemukan cara untuk melacak keuangan Anda yang cocok untuk Anda. Langkah-langkah berikut dapat membantu Anda membuat anggaran.

Langkah 1: Catat penghasilan bersih Anda

Langkah pertama dalam membuat anggaran adalah mengidentifikasi jumlah uang yang Anda terima. Namun, perlu diingat bahwa mudah untuk melebih-lebihkan apa yang Anda mampu jika Anda menganggap total gaji Anda sebagai apa yang harus Anda belanjakan. Ingatlah untuk mengurangi pengeluaran Anda, seperti untuk Jaminan Sosial, pajak, dan alokasi pos pengeluaran tak terduga, ketika membuat anggaran.Selisih antara penghasilan dikurangi dengan biaya dan kewajiban adalah penghasilan bersih yang bisa anda tabung pada saat menyusun anggaran

Tips: Jika Anda memiliki hobi atau bakat, Anda mungkin dapat menemukan cara untuk menambah penghasilan Anda. Memiliki sumber penghasilan tambahan juga dapat membantu jika Anda kehilangan pekerjaan.

Langkah 2: Lacak pengeluaran Anda

Sangat membantu untuk melacak dan mengelompokkan pengeluaran Anda sehingga Anda tahu di mana Anda bisa melakukan penyesuaian. Hal itu akan membantu Anda mengidentifikasi apa yang paling banyak menghabiskan uang Anda dan di mana mungkin akan lebih mudah untuk menguranginya.

Mulailah dengan mendaftar semua pengeluaran tetap Anda. Ini adalah tagihan bulanan reguler seperti sewa atau hipotek, utilitas atau pembayaran cicilan mobil/motor. Kecil kemungkinan Anda akan dapat mengurangi ini, tetapi mengetahui berapa banyak pendapatan bulanan Anda yang mereka dapat dapat membantu.

Berikutnya, daftarkan semua pengeluaran variabel— yang mungkin berubah dari bulan ke bulan seperti bahan makanan, bensin, dan hiburan. Ini adalah area di mana Anda mungkin menemukan peluang untuk mengurangi. Kartu kredit dan laporan bank adalah tempat yang baik untuk memulai karena sering merinci atau mengkategorikan pengeluaran bulanan Anda.

Langkah 3: Tetapkan tujuan Anda

Sebelum Anda mulai memilah-milah informasi yang Anda lacak, buatlah daftar semua tujuan keuangan yang ingin Anda capai dalam jangka pendek dan panjang. Tujuan jangka pendek seharusnya tidak lebih dari satu tahun untuk dicapai. Sasaran jangka panjang, seperti menabung untuk pensiun atau pendidikan anak Anda, mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapainya. Ingat, tujuan Anda tidak harus dibuat-buat, tetapi mengidentifikasi prioritas Anda sebelum Anda mulai merencanakan anggaran akan membantu. Misalnya, mungkin akan lebih mudah untuk memotong pengeluaran jika Anda tahu tujuan jangka pendek Anda adalah mengurangi hutang kartu kredit.

Langkah 4: Buat Perencanaan

Gunakan biaya variabel dan tetap yang Anda kumpulkan untuk membantu Anda memahami apa yang akan Anda belanjakan dalam beberapa bulan mendatang. Dengan pengeluaran tetap, Anda dapat memprediksi dengan cukup akurat berapa banyak yang harus Anda anggarkan. Gunakan kebiasaan belanja masa lalu Anda sebagai panduan ketika mencoba memprediksi pengeluaran variabel Anda.

Anda mungkin memilih untuk menjabarkan pengeluaran Anda lebih jauh, antara hal-hal yang perlu Anda miliki dan hal-hal yang ingin Anda miliki. Misalnya, jika Anda mengemudi untuk bekerja setiap hari, bensin mungkin dianggap sebagai kebutuhan. Namun, langganan musik bulanan dapat dianggap sebagai keinginan. Perbedaan ini menjadi penting ketika tiba saatnya untuk melakukan penyesuaian.

Langkah 5: Sesuaikan kebiasaan Anda jika perlu

Setelah Anda selesai melakukan semua ini, Anda memiliki apa yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan anggaran Anda. Setelah mendokumentasikan pendapatan dan pengeluaran, Anda dapat mulai melihat di mana Anda memiliki sisa uang atau di mana Anda dapat mengurangi sehingga memiliki uang untuk dimasukkan ke dalam tujuan Anda.

Biaya ingin memiliki adalah area pertama untuk mencari pemotongan pengeluaran. Bisakah Anda melewatkan malam film demi film di rumah? Coba sesuaikan angka yang Anda lacak untuk melihat berapa banyak uang yang dibebaskan. Jika Anda sudah menyesuaikan pengeluaran untuk kebutuhan, evaluasi pengeluaran untuk kebutuhan Anda. Anda mungkin membutuhkan internet di rumah, tetapi apakah Anda membutuhkan yang tercepat tersedia?

Terakhir, jika jumlahnya masih belum bertambah, Anda dapat melihat menyesuaikan pengeluaran tetap Anda. Melakukan hal itu akan jauh lebih sulit dan membutuhkan disiplin yang lebih besar, tetapi pada pemeriksaan yang cermat, “kebutuhan” mungkin menjadi “sulit untuk dipisahkan.” Keputusan semacam itu datang dengan pertukaran besar, jadi pastikan Anda hati-hati mempertimbangkan pilihan Anda.

Tips: Penghematan kecil dapat menambah banyak uang, jadi jangan mengabaikan hal-hal kecil. Anda mungkin terkejut dengan berapa banyak uang ekstra yang Anda kumpulkan dengan melakukan satu penyesuaian kecil pada suatu waktu.

Langkah 6: Teruslah memeriksa

Penting bagi Anda untuk meninjau anggaran secara teratur untuk memastikan Anda tetap di jalur benar. Anda juga dapat membandingkan pengeluaran bulanan Anda dengan orang-orang yang serupa dengan Anda. Beberapa elemen anggaran Anda ditetapkan: Anda mungkin mendapatkan kenaikan gaji, pengeluaran Anda mungkin meningkat atau Anda mungkin telah mencapai tujuan Anda dan ingin merencanakan yang baru. Apa pun alasannya, tetap periksa dengan anggaran Anda mengikuti langkah-langkah di atas.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: