Apa itu uang? Tanpa memahami apa pengertian uang itu sendiri, tentu kita semua tahu apa yang dimaksud dengan uang. Namun untuk lebih lengkap dan jelasnya informasi tentang uang, artikel kali ini akan membahas mengenai uang dari pengertian, fungsinya hingga jenis-jenis uang.

Pengertian Uang

Apa yang dimaksud dengan uang? Uang merupakan benda yang dapat diterima oleh masyarakat umum yang digunakan sebagai alat pembayaran yang sah dalam suatu kegiatan ekonomi. Pengertian uang juga didefiisikan berbeda oleh para ahli. Berikut pendapat para ahli mengenai pengertian uang.

Pengertian Uang menurut para ahli:

  • Anto Pracoyo dan Tri Kunawangsih

“Pengertian uang adalah suatu alat tukar yang dapat untuk dipergunakan oleh para pelaku ekonomi global pada umumnya.”

  • Irma Rahmawati

“Pengertian uang ialah suatu benda yang dapat disetujui oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai alat untuk tukar-menukar dalam kegiatan perdagangan atau jual-beli.”

  • S. Sayers

“Pengertian uang merupakan segala sesuatu yang umum diterima sebagai pembayaran utang.”

  • Rolling G. Thomas

 “Uang merupakan suatu benda yang dengan mudah dan umum diterima oleh masyarakat sebagai alat pembayaran pembelian barang, jasa dan barang berharga lainnya serta untuk pembayaran utang.”

Jadi, jika diringkas dari beberapa pengertian uang oleh para ahli di atas, uang dapat diartikan sebagai suatu benda yang umumnya disetujui dan diterima oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai alat pembayaran yang sah atas kegiatan jual-beli serta dapat diterima sebagai pembayaran utang.

Fungsi dan Manfaat Uang

Secara pengertian, uang memiliki fungsi sebagai alat pembayaran dalam suatu transaksi perdagangan atau jual beli. Pada jaman sekarang, uang memiliki dua fungsi, yaitu fungsi asli dan sungsi turunan. Apa itu fungsi asli dan apa itu fungsi turunan? Berikut penjelasannya.

  1. Fungsi Asli Uang

Ada beberapa tujuan atau fungsi uatama dalam fungsi asli uang. Berikut beberapa fungsi asli uang, diantaranya adalah:

  1. Uang sebagai alat tukar secara umum (medium of exchange), merupakan fungsi uang yang menggantikan sistem barter pada periode sebelumnya sehingga proses transaksi berjalan dengan lebih mudah dan cepat.
  2. Uang sebagai satuan hitung (unit of account), ialah fungsi untuk menunjukkan nilai suatu barang atau jasa sehingga mempermudah proses pertukaran atau jual beli.
  3. Uang sebagai alat penyimpanan nilai atau valuta.
  4. Fungsi Turunan Uang

Sama dengan fungsi uang asli, fungsi turunan uang terdiri dari beberapa fungsi, diantaranya adalah:

  1. Fungsi uang sebagai alat pembayaran dalam suatu transaksi transaksi (means of payment)
  2. Uang sebagai alat untuk ukuran harga atau nilai (standar of value).
  3. Uang sebagai alat pembayaran utang (standard of deferred payment).
  4. Uang sebagai alat pembentukan dan pemindahan modal (transfer of value), dimana dalam hal ini uang bisa memperbesar modal usaha.

Syarat-Syarat Uang

Untuk dapat dikatakan sebagai uang, suatu benda dapat disebut sebagai uang jika memiliki ciri-cirir atau syarat sebagai uang, diantaranya adalah:

  • Benda tersebut dapat diterima secara umum setiap lapisan masyarakat (acceptability).
  • Benda tersebut harus mempunyai nilai yang stabil dari waktu ke waktu dan dijamin oleh pemerintah (stability of value).
  • Dapat dibagi dengan mudah tanpa mengurangi nilai dan kualitas benda tersebut (divisibility).
  • Benda tersebut harus mudah dibawa dan ringan (portability).
  • Memiliki bentuk dan ukuran yang baku (standardability).
  • Benda tersebut mempunyai kualitas dengan nilai yang telah ditentukan (uniformity).
  • Terbuat dari bahan yang bisa bertahan lama (durability).
  • Dibuat dalam jumlah yang terbatas dan tidak mudah untuk dipalsukan (scarcity).
Jenis-Jenis Uang

Jenis uang dapat dikelompokkan berdasarkan tiga kategori, yaitu berdasarkan lembaga yang mengeluarkan, berdasarkan nilainya dan berdasarkan bahan pembuatannya. Berikut adalah penjelasannya mengenai ketiga kategori tersebut.

  1. Berdasarkan Lembaga yang Mengeluarkan
  • Uang Kartal (common money), yaitu uang yang digunakan sebagai alat pembayaran yang sah dan umum digunakan oleh masyarakat dalam kegiatan transaksi jual-beli.
  • Uang Giral (simpanan di Bank), yaitu jenis uang yang disimpan di Bank dan dapat digunakan setiap saat untuk keperluan pembayaran. Contoh; cek, bilyet dan giro.
  1. Berdasarkan Nilainya
  • Uang Penuh (full bodied money), adalah uang yang mengandung nilai intrinsik (bahan) dan nilai nominal yang sama (nilai nominal sama dengan nilai bahan dan pembuatan).
  • Uang Tanda (token money), adalah uang yang nilai nominalnya berbeda dengan nilai intrinsiknya (nilai nominal berbeda dengan nilai bahan dan pembuatan).
  1. Berdasarkan Bahan Pembuatannya
  • Uang Logam, adalah uang yang terbuat dari bahan logam (emas atau perak) yang bisa digunakan secara umum, memiliki nilai tinggi dan stabil, mudah dikenali, tahan lama, dan dapat dibagi menjadi satu yang lebih kecil.
  • Uang Kertas, adalah uang yang dibuat dari bahan kertas khusus dengan standarisasi baku yang telah ditetapkan.

Demikianlah uraian singkat mengenai uang, semoga bermanfaat!!

Lihat juga:

Kategori: Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: